Abstract:
LUSI OKTAVIENI. NIM, T.BIO 13 106 037 judul SKRIPSI “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi dalam Pembelajaran Mikro (Microteaching) IAIN Batusangkar”.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tadris Biologi dalam pembelajaran mikro (microteaching) IAIN Batusangkar pada semester VII Tahun Akademik 2016/2017. Permasalahan ini meliputi delapan aspek keterampilan dasar mengajar mahasiswa dalam buku penilaian microteaching, yaitu: keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan melakukan variasi, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan menutup pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tadris Biologi dalam pembelajaran mikro (microteaching) IAIN Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode deskriptif-kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Buku penilaian microteaching, dengan sampel sebanyak 26 buku penilaian microteaching yang diisi oleh Dosen. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara semi terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tadris Biologi dalam microteaching, maka diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tadris Biologi adalah sangat baik dengan persentase penilaian 81,31%. Karena, berada pada rentang persentase penilaian 80% < PP d100%.