Abstract:
Hayati Khoromah, Nim 13 106 029. Skripsi ini berjudul “Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Pelaksanaan Praktikum Gerak Pada Makhluk Hidup Kelas VIII SMPN 1 Batusangkar Tahu Ajaran 2017/2018”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan generik sains siswa yang muncul pada pelaksanaan praktikum gerak pada makhluk hidup kelas VIII SMP N 1 Batusangkar tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif, beberapa data yang didapatkan secara kualitatif akan dikonversikan ke dalam penskoran kuantitatif.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VIII.7 SMPN 1 Batusangkar tahun ajaran 2017/2018 pada materi gerak pada makhluk hidup secara umum keterampilan generik sains yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Batusangkar adalah sebesar 78,40% termasuk kedalam predikat baik. Dapat diketahui bahwa rata-rata dari setiap keterampilan generik sains yang diperoleh siswa selama pelaksanaan praktikum adalah pengamatan langsung sebesar 74,3% dengan predikat cukup, kesadaran tentang skala sebesar 71,17% dengan predikat cukup, sebab akibat sebesar 79,15% dengan predikat baik, pemodelan sebesar 79,15% dengan predikat baik, kerangka logika sebesar 87,49% dengan predikat sangat baik dan inferensi sebesar 79,16% dengan predikat baik. Predikat baik KGS yang diperoleh siswa kelas VIII SMP N 1 Batusangkar tersebut dikarenakan sebagian besar siswa aktif dalam pelaksanaan praktikum, namun untuk memunculkan keterampilan generik sains yang dimiliki siswa diperlukan latihan secara terus menerus agar keterampilan generik yang dimiliki siswa dapat meningkat dan menjadi lebih baik.