Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya nilai siswa
dan kurangnya variasi guru dalam membuat bahan ajar berupa LKS dalam
pembelajaran Biologi di SMPN 03 Koto Salak. LKS yang dibuat oleh guru
berbentuk copy an hitam putih, dan tidak bergambar. Kurangnya variasi dalam
membuat bahan ajar tersebut mengakibatkan siswa merasa jenuh untuk
membacanya, serta belum ada interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran.
Selain dari itu guru belum mengaitkan antara materi dengan ayat-ayat Al-Quran
sehingga kurangnya kemampuan siswa tentang keagamaan. Penelitian ini
bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa LKS Think Pair Share
Berwawasan Al-Quran yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research).
Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan
(design), dan pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar angket, lembar observasi dan lembar wawancara. Uji
kelayakan dilakukan di SMPN 03 Koto Salak yang dibantu oleh 2 orang dosen
dan 1 orang guru sebagai validator, serta melibatkan 29 orang siswa. Teknik
analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif melalui analisis validitas
produk, analisis kepraktisan serta wawancara.
Hasil uji kevalidan LKS pada materi Biologi memperoleh persentase
79,66% dengan kategori valid, dan sangat praktis berdasarkan hasil analisis
angket respon siswa yang persentasenya 86,43 %,. Jadi LKS think pair share
berwawasan Al-quran pada materi Biologi yang dihasilkan sangat praktis dan
valid.