Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang antusias untuk bertanya, hal ini disebabkan siswa terkadang kurang percaya diri dengan pertanyaannya atau merasa malu untuk bertanya padahal sebenarnya siswa tersebut pintar dan siswa dalam proses pembelajaran kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan materi pelajaran, sehingga disaat guru meminta pertanyaan dari siswa belum semuanya yang aktif dalam mengajukan pertanyaan, hanya satu atau dua orang saja yang bertanya dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dengan penerapan problem posing di kelas VIII SMP N 1 Kec. Mungka. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar Biologi siswa dengan penerapan pendekatan problem posing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Biologi siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N I Kec. Mungka.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP N I Kec. Mungka tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 88 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.1 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tenik tes berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan pendekatan problem posing pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup lebih baik dari pada hasil belajar Biologi siswa dengan pendekatan problem posing di kelas VIII SMPN 1 Kec. Mungka. Hal ini dilihat pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, didapatkan nilait tabel = 1,68 dan thitung= 2,33. Jika thitung > ttabel yaitu (2,33> 1,68), dengan taraf signifikasinya 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima.