Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Banyak siswa yang tidak mengerti dengan materi yang diberikan oleh guru (2) Pembelajaran masih berpusat pada guru, (3) Dalam menerangkan materi pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional, (4) Hasil belajar biologi siswa masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dan dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model Quantum Teaching. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Pariangan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian statistik dua kelompok (Randomizing Control Group Only Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMPN 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VIII-1, VIII-2, dan VIII-3 yang berjumlah 62 orang. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhirnya berupa soal objektif berjumlah 20 soal.
Hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 74,75, sedangkan kelas kontrol terdapat rata-ratanya adalah 62,95. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model Quantum Teaching lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.