Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Proses pembelajaran masih kurang menggunakan strategi pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran biologi, (2) Hasil belajar biologi siswa masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dan dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, (3) Siswa kurang aktif dalam mempelajari materi biologi yang akan dipelajari (4) Kurangnya motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar sehingga menyebabkan siswa sering meribut dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model Active Learning Tipe Learning Tournament. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model Active Learning Tipe Learning Tournament lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Tarab.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian (Randomized Control Group Pretest Postes Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Tarab yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 yang berjumlah 88 orang. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhirnya berupa soal pilihan ganda 25 butir soal.
Hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,06, sedangkan kelas kontrol terdapat rata-ratanya adalah 69,6. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima.Jadi hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model Active Learning Tipe Learning Tournament lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.