Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Hasil belajar IPA siswa belum semuanya maksimal dengan adanya beberapa siswa yang masih mendapat nilai di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dan dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPA siswa masih rendah, (2) Guru sering menggunakan metode konvensional seperti ceramah, (3) Kurangnya kerja sama siswa pada saat diskusi berlangsung, dan (4) Kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan ide atau pendapat saat pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Padang Ganting dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan Problem Solving pada materi sistem pernapasan pada manusia lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomizing Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VIII-1, VIII-2, dan VIII-3 yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhir berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal.
Hasil penelitian ini dapat digambarkan secara umum bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan analisis data didapatkan rata-rata 79 pada kelas eksperimen dan 66,6 pada kelas kontrol. Dengan perhitungan statistik uji-t didapatkan t tabel 1,68, sedangkan t hitung = 3,5106, t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima.. Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan Problem Solving lebih baik daripada hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.