Abstract:
Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achieviement Division) dengan Mind mapping dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI SMAN 1 Sungayang
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar biologi siswa yang disebabkan karena beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa beranggapan pelajaran biologi merupakan pelajaran hafalan dan sulit untuk dipahami, selain itu guru masih menerapkan model pembelajaran ceramah dan pemberian tugas rumah. Dan catatan siswa yang monoton. Untuk itu maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Variasi Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achieviement Division) dengan Mind mapping terhadap hasil belajar Biologi siswa SMAN 1 Sungayang.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized control Group Only design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungayang yaitu, kelas XI IA1, XI IA 2, dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total sampling. Maka, terpilihlah kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan penerapan Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achieviement Division) dengan Mind mapping dan kelas XI IA2 sebagai kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Instrumen tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda. Soal yang digunakan berjumlah 40 butir soal, setelah dilakukan uji coba dan analisis, maka diperoleh 20 butir soal yang dipakai untuk tes akhir kedua kelas sampel.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen adalah 76,00 dengan persentase ketuntasan 68% sedangkan rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas kontrol adalah 55,8 dengan persentase ketuntasan 26%. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi dengan penerapan Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achieviement Division) dengan Mind mapping lebih baik dari pada hasil belajar biologi dengan pembelajaran konvensional.