Abstract:
Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pembelajaran Terpadu Model Integrated Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di MTsN Koto Baru Dharmasraya
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MTsN Koto Baru Dharmasraya masih bersifat teacher centerd sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga tidak kelihatan keaktifan siswa selama pembelajaran. Hal tersebut salah satunya diakibatkan oleh keterbatasan sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku paket yang dimilki guru dan beberapa orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa modul biologi berbasis pembelajaran terpadu model integrated yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Dengan prosedur penelitian yang dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pertama yaitu define meliputi observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VIII MTsN Koto Baru Dharmasraya, menganalisis silabus IPA kelas VIII semester satu dan mereview literatur tentang modul, tahap kedua design dan ketiga tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa modul berbasis model integrated bersifat valid dengan persentase 77,27%.. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon dikategorikan praktis dengan persentase penilaian 80,82%.