Abstract:
Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) Berbasis Group Investigation Pada Materi Jamur Kelas X SMAN 3 Padang Panjang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di SMAN 3 Padang Panjang masih bersifat teacher centerd sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga tidak kelihatan keaktifan siswa selama pembelajaran. Hal tersebut salah satunya diakibatkan oleh keterbatasan sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku paket yang dimilki guru dan beberapa orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa LKS berbasis Group Investigation yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Dengan prosedur penelitian yang dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pertama yaitu define meliputi observasi dan wawancara dengan guru Biologi kelas X SMAN 3 Padang Panjang, menganalisis silabus Biologi kelas X semester satu dan mereview literatur tentang LKS, tahap kedua design dan ketiga tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa LKS berbasis Group Investigation bersifat valid dengan persentase 78,2%. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon dikategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 87,7%.