Abstract:
PENGEMBANGAN BUKU KERJA BIOLOGI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK SISWA KELAS VII MTSN TANJUNG EMAS
Penelitian ini di latarbelakangi oleh belum adanya buku kerja yang dapat menciptakan peserta didik tumbuh dengan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap alam sekitar dalam menemukan konsep pada pembelajaran Biologi. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan buku kerja yang dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan demikian pada skripsi ini dibahas mengenai pengembangan buku kerja berbasis jelajah alam sekitar (JAS). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh buku kerja biologi berbasis jelajah alam sekitar (JAS) yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang di-gunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan desseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu lembar validasi dan lembar angket di analisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Buku kerja pembelajaran biologi berbasis jelajah alam sekitar (JAS) yang dihasilkan sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 85,34%, dan sangat praktis berdasarkan analisis angket respon siswa yang persentase 84,09%, hasil observasi serta hasil wawancara yang diolah secara statistik deskriptif.
Jadi, buku kerja pembelajaran biologi berbasis jelajah alam sekitar (JAS) yang dihasilkan sangat valid dan praktis.