Abstract:
Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X-IPA MAN Gunung Padang Panjang pada Materi
Kingdom Plantae dengan Menggunakan tes Two Tier Multiple Choice.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kesulitan siswa dalam
memahami pengelompokan pada dunia tumbuhan serta siswa juga sering salah
dalam menentukan metagenesis pada lumut dan paku, serta membedakan
perkembangbiakan gymnospermae dan angiospermae, rendahnya hasil belajar
biologi siswa dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami
konsep-konsep biologi.
Pemahaman konsep sangatlah penting bagi siswa kelas X, karena pada kelas
X adalah tempat dasar penanaman konsep-konsep. Jika konsep siswa telah baik
pada kelas X, maka siswa akan lebih leluasa untuk mengembangkan pengetahuan
yang telah ada. Untuk menganalisis miskonsepsi siswa, maka diberikan tes Two
Tier Multiple Choice. TTMC dikembangkan untuk mengetahui siswa yang benar
paham konsep dengan siswa yang mengalami salah konsep (miskonsepsi).
Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.IPA1 dan X. IPA2
dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan sampel yang
digunakan yaitu X.IPA.II. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes Two
Tier Multiple Choice.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan
bahwa miskonsepsi masih terjadi pada setiap subkonsep kingdom plantae dimana
rata-rata yang paham konsep sebesar 32,34% dan sedangkan miskonsepsi sebesar
57,46%. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata miskonsepsi pada setiap subkonsep
berkisar antara 28,57 – 90,47%.