Abstract:
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 X KOTO SINGKARAK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 X Koto Singkarak yang dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMAN 1 X Koto Singkarak Pada Materi Sistem Gerak Manusia.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Sedangkan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara dengan guru mata pelajaran dan wawancara dengan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan berpikir kritis siswa dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMAN 1 X Koto Singkarak diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas XI IPA-2 memiliki kemampuan kritis dengan persentase 56%, memiliki kemampuan cukup kritis dengan persentase 36%, dan memiliki kemampuan kurang kritis dengan persentase 8%. Sedangkan pada kelas XI IPA-3 memiliki kemampuan berpikir kritis dengan persentase 57%, memiliki kemampuan cukup kritis dengan persentase 34%, memiliki kemampuan kurang kritis dengan persentase 9%. Dengan demikian maka rata-rata kemampuan berpikir kritis dari 2 kelas XI IPA SMAN 1 X Koto Singkarak pada Mata Pelajaran Biologi memperoleh rata-rata 67 yang berada pada persentase 66% - 80% yaitu kritis