Abstract:
Permasalahan keterbatasan sumber belajar dan proses membangun (mengkonstruksi) konsep materi pembelajaran yang kurang optimal menjadi alasan dalam pengembangan modul materi garis dan sudut berbasis pendekatan konstruktivisme di kelas VII MTsS Sungai Patai. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan modul materi garis dan sudut berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid dan praktis.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development). Penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu: analisis muka-belakang (front-end analysis) dan tahap prototipe (prototype). Tahap analisis muka-belakang (Front-end analysis) atau disebut juga tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mendapatkan gambaran di lapangan. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran, menganalisis silabus dan buku teks yang digunakan dalam pembelajaran pada materi garis dan sudut, menganalisis karakteristik siswa, dan review literatur modul.
Berdasarkan hasil analis muka-belakang, telah dikembangkan prototipe modul materi garis dan sudut berbasis pendekatan konstruktivisme. Prototipe ini divalidasi oleh tiga orang pakar pendidikan matematika IAIN Batusangkar. Selanjutnya, dilakukan tahap praktikalitas dan diujicobakan terbatas kepada siswa-siswi kelas VII MTsS Sungai Patai yang berjumlah 20 orang. Disamping itu, hasil ujicoba praktikalitas dilakukan dengan cara memberikan angket respon kepada siswa kelas VII MTsS Sungai Patai. Selanjutnya, hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap modul materi garis dan sudut berbasis pendekatan konstruktivisme yang dikembangkan untuk kelas VII MTsS Sungai Patai sudah valid dengan persentase sebesar 72.22 %. (2) Hasil uji coba praktikalitas yang dilakukan terhadap modul materi garis dan sudut berbasis pendekatan konstruktivisme kelas VII MTsS Sungai Patai menunjukkan bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan adalah sangat praktis sebesar 85.76%, dengan arti kata modul dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran.