Abstract:
Penelitian ini bertolak dari hasil Proses pembelajaran yang kurang efektif dan kondusif, kurangnya motivasi dan minat siswa untuk belajar, proses pembelajaran yang berlangsusng satu arah yaitu guru menjelaskan materi dari awal sampai akhir pembelajaran, untuk meminimalisir permasalahan tersebut guru dituntut membuat perencanaan pembelajaran yang bisa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Perencanaan tersebut dipersiapkan oleh guru sebelum mengajar dan akan terurai didalam perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran tentunya harus dikembangkan dengan baik agar tujuan pembelajaran tercapai. Pengembangan perangkat pembelajaran tentunya harus menggunakan prodesur dan konsep yang baik, pemilihan model pembelajaran juga merupakan hal yang penting untuk mendukung penyusunan perangkat pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PBL. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berupa RPP dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi bangun ruang kelas VIII SMPN 3 Sungayang yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D, namun pada penelitian ini digunakan hanya 3-D dengan tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran adalah lembar validasi. Sedangkan untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran digunakan angket praktikalitas, lembar observasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran (RPPdan LKS) yang dirancang telah valid dengan sedikit revisi setelah dilakukan validasi oleh beberapa orang dosen matematika IAIN Batusangkar. Kemudian perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) telah praktis digunakan setelah diuji coba kepraktisannya pada peserta didik di kelas VIII SMPN 3 Sungayang.