Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | TIK401 |
Nama Matakuliah | MICRO TEACHING |
Semester | 6 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD |
Peserta Perkuliahan | 1730101039 - FAJAR RAHMAN, 1730101048 - GUSNI RIVDHAH, 1730101049 - HANIF ALLAMUL HUDA, 1730101050 - HUSWATUL HASANAH, 1730101051 - IKHWATIKA, 1730101052 - IMAM HANAFI, 1730101055 - ISMI KHOIR, 1730101058 - JANI CANDRA |
Mata kuliah ini memberikan skill/keterampilan kepada mahasiswa berupa keterampilan dasar mengajar
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam Membuka Pembelajaran, menjelaskan materi, memberikan penguatan, tekhnik bertanya, melakukan variasi dalam proses pembelajaran, memvariasikan media, melakukan feedback, memiliki kemampuan mengelola kelas baik secara fisik maupun non fisik serta keterampilan menutup pembelajaran.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memiliki pengethuan dan pemahaman tentan persiapan mengajar langkah dan keterampilan mengajar | Pembahasan tentang Review materi tentan persiapan mengajar langkah dan keterampilan mengajar | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, tentang tentan persiapan mengajar langkah dan keterampilan mengajar | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator keterampilan mengajar | |
2 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Membuka Pelajaran | Pembahasan tentang Keterampilan Membuka Pelajaran | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Membuka Pelajaran | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Membuka Pelajaran | |
3 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Menyampaikan / Menjelaskan Materi | Pembahasan tentang Menyampaikan / Menjelaskan Materi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Menyampaikan / Menjelaskan Materi | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Menyampaikan / Menjelaskan Materi | |
4 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Bertanya | Pembahasan tentang Keterampilan Bertanya | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Bertanya | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Bertanya | |
5 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Memberikan Penguatan | Pembahasan tentang Keterampilan Memberikan Penguatan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Memberikan Penguatan | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Memberikan Penguatan | |
6 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Melakukan Variasi | Pembahasan tentang Keterampilan Melakukan Variasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Melakukan Variasi | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Melakukan Variasi | |
7 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Menggunakan Media | Pembahasan tentang Keterampilan Menggunakan Media | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Menggunakan Media | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Menggunakan Media | |
8 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Mengelola Kelas | Pembahasan tentang Keterampilan Mengelola Kelas | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Mengelola Kelas | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Mengelola Kelas | |
9 | Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Menutup Pembelajaran | Pembahasan tentang Menutup Pembelajaran | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Menutup Pembelajaran | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Menutup Pembelajaran | |
10 | Mahasiswa mampu melalukan latihan komprehensif tentang teknik mengajar | Pembahasan tentang Latihan Komprehensif tentang teknik Mengajar | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajar | 3 x 50 menit | Menyimak, Mengamati, dari latihan komprehensif keterampilan dasar mengajr | |
11 | Mahasiswa mampu mempraktekkan seluruh komponen keterampilan mengajar | Melakukan Shooting terkait dengan kemampuan mahasiswa melakukan proses pembelajaran di kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajar | 3 x 50 menit | Mengikuti kegiatan shooting tentang keterampilan dasar mengajr | |
12 | Mahasiswa mereview dari hasil shooting | Melakukan review hasil Shooting terkait dengan kemampuan mahasiswa melakukan proses pembelajaran di kelas. | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajarl | 3 x 50 menit | melakukan kegiatan shooting tentang keterampilan dasar mengajr | |
13 | Mahasiswa mereview dari hasil shooting | Melakukan review hasil Shooting terkait dengan kemampuan mahasiswa melakukan proses pembelajaran di kelas. | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajarl | 3 x 50 menit | melakukan kegiatan shooting tentang keterampilan dasar mengajr | |
14 | Ujian Akhir Micro Teaching | Ujian Akhir Micro Teaching | Belajar mengajar dan tanya jawab | Ujian Akhir Micro Teaching | 3 x 50 menit | Ujian Akhir Micro Teaching | |
15 | Ujian Akhir Micro Teaching | Ujian Akhir Micro Teaching | Belajar mengajar dan tanya jawab | Ujian Akhir Micro Teaching | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Ujian Akhir Micro Teaching | Ujian Akhir Micro Teaching | Mengerjakan soal UAS | Ujian Akhir Micro Teaching | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK401-MICRO TEACHING (3 SKS), Semester: 6 MT 13, Dosen : ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD, Ruang: Lokal KI.2, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar