Abstract:
Penelitian ini didasari oleh nilai Ulangan Harian (UH) yang diperoleh siswa SMAN 2 Sungai Tarab yang diduga dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis, diketahui kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis tersebut memiliki hubungan yang kompleks. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh langsung yang signifikan kemampuan pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa 2) untuk mengetahui pengaruh langsung yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil belajar 3) untuk mengetahui signifikan dan besarnya pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah metode asosiatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa Kelas X-1 SMAN 2 Sungai Tarab yang berjumlah 21 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, tes uraian pemahaman konsep dan pemeahan masalah matematis yang terdiri dari 4 butir soal. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 20 dan Excel, hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t satu arah untuk pengaruh secara partial dan uji-F satu arah untuk pengaruh secara simultan.
Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)kemampuan pemahaman konsep memiliki pengaruh yang kuatterhadap hasil belajar sebesar 31,02%, (2) kemampuanpemecahan masalah matematis memiliki pengaruh yang sedangterhadap hasil belajar sebesar20,61%, (3) kemampuan pemahaman konsep memiliki pengaruh tidak langsung yang sedang terhadap hasil belajar matematika melalui pemecahan masalah yaitusebesar 12,66 %, (4) kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui pemahaman konsep yaitu sebesar 20,61 % dan (5) kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis memiliki pengaruh total yang kuatsecara simultan terhadap hasil belajar matematika sebesar 76,8%.