Publikasi IAIN Batusangkar

Penggunaan Strategi Pembelajaran aktif Tipe Card sort Berbantuan Media alat Eksperimen Sederhana pada Materi fluida Dinamis Di Kelas XI IPA SMAN 2 Sawah lunto

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Alfa Zikra
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:13:49Z
dc.date.available 2017-06-08T00:13:49Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.isbn 12107009
dc.identifier.isbn 12107009
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700301
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Hasil belajar fisika siswa khususnya kelas XI IPA SMAN 2 Sawahlunto masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fisika sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajar peserta didik yang belum memberikan hasil yang memuaskan. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar peserta didik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe card sort berbantuan media alat eksperimen sederhana pada materi fluida dinamis dikelas XI IPA SMAN 2 Sawahlunto lebih baik dari pada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Perlakuan yang digunakan adalah strategi pembelajaran aktif tipe card sort berbantuan media alat eksperimen sederhana pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hipotesis dari penelitian ini menyatakan bahwa,” Hasil belajar fisika siswa XI IPA SMAN 2 Sawahlunto yang dijelaskan dengan strategi pembelajaran aktif tipe card sort berbantuan media alat eksperimen sederhana lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hasil belajar yang di teliti meliputi aspek kognitif, dan aspek afektif saja. Instrumen dalam pengumpulan data mengunakan lembar observasi untuk aspek afektif dan lembar tes tertulis untuk aspek kognitif. Dari hasil analisis data terlihat bahwa pencapaian hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada pencapaian hasil belajar peserta didik di kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik, dimana pada kelas eksperimen dengan rata-rata kelas 83.48 dan pada kelas kontrol rata-rata kelasnya adalah 76.04. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak. Dari perhitungan diperoleh thitung = 1.87 dan t tabel = 1.67. Karena thitung > ttabel , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Aspek afektif kelas eksperimen dengan rata- rata 81,33 sedangkan kelas kontrol dengan rata- rata 78,40. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe card sort berbantuan media alat eksperimen sederhana lebih baik dari pada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi fluida dinamis di SMAN 2 Sawahlunto.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.title Penggunaan Strategi Pembelajaran aktif Tipe Card sort Berbantuan Media alat Eksperimen Sederhana pada Materi fluida Dinamis Di Kelas XI IPA SMAN 2 Sawah lunto
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku