Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | SISKA GUSWERI | |
dc.date.accessioned | 2017-06-08T00:13:50Z | |
dc.date.available | 2017-06-08T00:13:50Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2017-02-20 | |
dc.identifier.isbn | 12107036 | |
dc.identifier.isbn | 12107036 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21700298 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | Guru dituntut untuk mampu menyajikan materi pelajaran dengan optimaldi sekolah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, sehingga diperlukankreatifitas dan gagasan baru untuk mengembangkan cara penyajian materipelajaran. Kreatifitas yang dimaksud adalah kemampuan seorang guru dalammemilih media serta bahan ajar yang tepat dalam penyajian materi pelajaran.Kenyataan di lapangan, berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru Fisikadi SMPN 1 Rambatan, media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sangat minim. Guru hanya memanfaatkan media yang ada dalam kelas seperti papan tulis. Keadaan tersebut membuat siswapasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penelitimengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi mindjet mindmanager. Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi mindjet mindmanager dalam pembelajaran fisika kelas VIII semester 1 pada materi gerak lurus. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research anddevelopment). Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu: pendefinisian (define),perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap pendefinisian (define) atau tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mendapatkan gambaran dilapangan. Kegiatan ini dimulai dengan wawancara dengan guru Fisika SMP kelas VIII,menganalisis silabus pembelajaran Fisika kelas VIII semester 1, menganalisis buku teks yang dipakai guru Fisika di kelas VIII SMP sebagai sumber belajar siswadan menganalisis media pembelajaran yang digunakan untuk manyampaikan materi pembelajaran. Uji coba terbatas dilakukan di SMPN 1 Rambatan terhadap 18 orang siswa dan dibantu oleh 1 orang guru dan 2 orang dosen. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkansebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi mindjet mindmanager dalam pembelajaran fisika dikembangkan untuk kelas VIII semester I adalah sangat valid denganpresentase 88%. (2) Hasil uji coba yang dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Rambatan telah memenuhi kriteria praktikalitas yang dapat dipakai dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dengan presentase 83,33% atau dengan kategori sangat valid. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Fisika- Pendidikan | |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VIII SEMESTER SATU | |
dc.type | Skripsi |
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |