Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT401 |
Nama Matakuliah | Analisis Vektor |
Semester | 4 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Ummul Huda, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1630105001 - AFNIDA YANTI, 1630105011 - DIANA PUTRI, 1630105014 - ELSA RAMYANI, 1630105015 - ELSI FITRIA, 1630105023 - IRMA HARYATI, 1630105039 - PENNI YUSMA, 1630105047 - SILVIA MARDIAH, 1730105002 - AHMAD RIDWAN, 1730105003 - ALIMAH THUSYA`DIAH, 1730105021 - IKBAL KURNIA, 1730105034 - NIA PITRIA, 1730105039 - NURUL FAUZIAH FITRI, 1730105043 - RAHMAD GUSNUR FAJRI, 1730105044 - RAHMATUL HIDAYAH, 1830105004 - ARYA SENA SATYA NEGARA, 1830105035 - MONICA FEBRIANTI, 1830105037 - MUHAMMAD RIFKI, 1830105039 - NATASYA, 1830105040 - NOFA RAHMA DENI, 1830105041 - NOFITA FIRGAYANTI, 1830105042 - NOVITA SARI, 1830105043 - NUR OKTA MELLIA, 1830105044 - NURHAYATI, 1830105045 - PUTRI LUFITA SARI, 1830105046 - RAMADHANI PUTRI, 1830105047 - RANI MEILIA PUTRI, 1830105048 - RESY RAHMI SYAFITRI, 1830105049 - RIFI NOVIANI, 1830105051 - ROBI FERNANDO, 1830105052 - SARI AGUSTINA, 1830105053 - SARIFAH AINI, 1830105054 - SITI ZAHARA, 1830105055 - SUCI INDAH SARI, 1830105056 - SYONIA SYAPRI ELSA, 1830105057 - TIARA DEWINA, 1830105059 - VIDIATUL NADIA, 1830105061 - WAHYU DIANSYAH PUTRA, 1830105062 - WARNI RAHMADHANI, 1830105063 - WENI NOVITA SARI, 1830105064 - YOGA OKTAVIANTO, 1830105065 - YUNIA SARTIKA, 1830105066 - ZAIPUL, 1830105067 - ZANI RAHMAWATI, 1830105068 - ZOGI FERNANDO, 1830105069 - ZULHIARSI GUSNEFI, 1830105070 - ZURYATI |
Melalui pembelajaran berbasis inkuiri dengan diskusi dan penugasan, mahasiswa menjelaskan, mengidentifikasi, menguasai konsep-konsep analisis vektor, menerapkan perhitungan vektor pada berbagai topik yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari dan mengerjakan soal-soal dalam berbagai bentuk vektor. Perkuliahan akan difokuskan pada prinsip, pendekatan dan latihan dalam mengerjakan soal-soal dalam berbagai bentuk vektor. Perkuliahan tatap muka akan menjadi media utama. Ketercapaian pembelajaran akan dilakukan melalui tes maupun nontes
a. Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep dasar analisis vektor
b. Terampil mengaplikasikan vektor dalam berbagai persoalan
c. Terampil mengembangkan kemampuan matematis, berpikir matematis tingkat tinggi, dan sikap positif terhadap matematika
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memahami tentang gambaran umum perkuliahan dan persentase penilaian serta membedakan antara vektor dan skalar | Pembahasan tentang RPS, Kontrak kuliah, vektor dan skalar | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan vektor satuan, vektor kolinear dan vektor koplanar | Pembahasan tentang vektor dan skalar | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal terkait perkalian titik dan kali silang | Pembahasan tentang vektor tak kolinear, vektor tak koplanar dan vektor kedudukan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal perkalian tripel | Pembahasan tentang hasil kali titik dan hasil kali silang | Ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan fungsi bernilai vektor, limit dan kekontinuan | Pembahasan tentang hasil kali tripel | Ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal turunan fungsi vektor, dan turunan parsial vektor | Pembahasan tentang diferensiasi vektor | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal terkait vektor singgung satuan, vektor normal, vektor binormal | Pembahasan tentang geometri diferensial | Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal tentang persamaan vektor singgung dan persamaan bidang oskulasi, dll | Pembahasan tentang persamaan dalam bentuk vektor | Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
9 | Mahasiswa mampu menyelesaikan soal UTS | Operator Del dan Gradien | Mempelajari bahan perkuliahan dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal terkait gradien dan operator del | Pembahasan tentang divergensi dan curl | Mempelajari bahan ajar dan Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal terkait divergensi dan curl | Pembahasan tentang integral biasa dan integral garis pada vektor | Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal integral biasa dan integral garis pada vektor | Pembahasan tentang integral permukaan dan integral volume | Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal tentang integral permukaan dan integral volume pada vektor | Pembahasan tentang UTS | Mengerjakan soal-soal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal teorema green dalam bidang | Pembahasan tentang teorema green dalam bidang | Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan soal teorema divergensi gauss dan teorema stokes | Pembahasan tentang teorema divergensi gauss dan teorema stokes | Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
16 | Mahasiswa mampu menyelesaikan soal UAS | UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Murray R. Spiegel. 1988. Analisis Vektor dan Suatu Pengantar Analisis Vektor |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT401-Analisis Vektor (3 SKS), Semester: 4 18-TMM-B, Dosen : Ummul Huda, M.Pd., Ruang: L2.4, Hari: Senin, 14.55 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar