Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan penerapan kombinasi metode the power of two dan think-pair-share (TPS) lebih baik dari metode konvensional dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang menggunakan kombinasi metode the power of two dan think-pair-share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang menggunakan metode konvensional di kelas VII SMPN 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group-Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Batusangkar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 258 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 54 orang, 27 orang kelas eksperimen dan 27orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada kelas eksperimen adalah 82,1481 dengan persentase ketuntasan 85,19% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 76,2593 dengan persentase ketuntasan 70,38 %. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,43 dan ttabel = 2,00. Oleh karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Jadi, dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan kombinasi metode the power of two dan think pair share (TPS) lebih baik daripada metode konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.