Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kesehtan mental siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi dan rendah di MTsN Tanjung Barulak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehtan mental siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi dan rendah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field recearch) dengan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana kondisi kesehtan mental siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi dan rendah dengan menggunakan angka-angka.
Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup dengan skala likert. Skala Likert memiliki dua bentuk pernyataan, yaitu positif dan negatif. Pernyataan positif diberi skor 5,4,3,2, dan 1, sedangkan bentuk pernyataan negatif diberi skor 1,2,3,4, dan 5.
Hasil penelitian dapat dilihat bahwa sebahagian besar siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi memiliki kesehatan mental sangat sehat, sebahagian kecil sehat dan kesehatan mental siswa yang memiliki prestasi belajar rendah sebagian besar memiliki kesehatan mental sehat, sebagian kecil sangat sehat.