Abstract:
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan konseling Islam terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat signifikan atau tidaknya pendekatan konseling Islam terhadap kepercayaan diri siswa VIII MTs Muhammadiyah Batusangkar. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mencapai Gelar Sarjana Pendidikan dalam Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek tunggal dan subjek penelitian ini berjumlah empat orang. Desain penelitian ini menggunakan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Penelitian ini melakukan suatu pengukuran skala kepercayaan diri sebanyak tujuh kali, yaitu tiga kali untuk kondisi baseline atau kondisi kepercayaan diri siswa sebelum diberikan treatmen, dan pengukuran skala kepercayaan diri sebanyak empat kali setelah dilakukan treatmen atau time series. Hal ini bertujuan untuk melihat signifikan tidaknya pendekatan konseling Islam terhadap kepercayaan diri siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di MTs Muhammadiyah Batusangkar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa setelah pelaksanaan konseling Islam yang berarti hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan layanan konseling Islam tidak pengaruh terhadap kepercayaan diri siswa ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa layanan konseling Islam berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa diterima.