Publikasi IAIN Batusangkar

EBI206-Ushul Fikih (3 SKS) 1 20-AKSYA-A DODON ALFIANDER, SULASTRI CANIAGO, M.Ag. FEBI 3.5, Senin, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

EBI206-Ushul Fikih (3 SKS) 1 20-AKSYA-A DODON ALFIANDER, SULASTRI CANIAGO, M.Ag. FEBI 3.5, Senin, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan AKUNTANSI SYARIAH
Kode Matakuliah EBI206
Nama Matakuliah Ushul Fikih
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan DODON ALFIANDER,
SULASTRI CANIAGO, M.Ag.
Peserta Perkuliahan 1630402036 - FIKRI WAHYUDI,
1730403103 - WAHYU HIDAYAT,
1730406019 - SRI MAIHASTUTI,
2030403001 - AGUNG FAJAR SAM SIREGAR,
2030403002 - AKHLI FIKRI,
2030403003 - ALDI MIFTAHUL HUDA,
2030403004 - ANANDA ADDRYAN PRATAMA,
2030403005 - ANISA DAYANTI,
2030403006 - ANNISA SAFITRI,
2030403007 - APRISA ANGGRAINI,
2030403008 - ARDINA AGUSTIA,
2030403009 - BUNGA CHANTIKA,
2030403010 - DARA ATIKAH,
2030403011 - DELMETA SARI,
2030403012 - DEWI RORO AMIATI,
2030403013 - DIKI ARLANDA,
2030403014 - DINI SEPRIANTI,
2030403015 - DINI WULANDARI,
2030403016 - ERIXTRA LAVENRA,
2030403017 - EVA EKA SUSANTI,
2030403018 - FAJRI OKTA TRI MILENIAWAN,
2030403019 - FANI JUNITA,
2030403020 - FAUZIAH AULIA,
2030403021 - FEBRI HANDIKA,
2030403022 - FITRI MARISA,
2030403023 - FRANSISCA AULIA PUTRI,
2030403024 - FUJI RAHMA LESTARI,
2030403025 - GIO ELFANDI,
2030403026 - GITA FAUZIA PUTRI,
2030403027 - GITA PUTRI DWI YUNI,
2030403028 - GULFA KAIROH,
2030403029 - HABIB ALRIZKI,
2030403030 - HAFIDH IHSAN,
2030403031 - HANIF PANGESTU,
2030403032 - HUMAIRATUL ZIKRA,
2030403033 - IBRAHIM,
2030403034 - IMAM SAHPUTRA,
2030403035 - INTAN NURDIANA PUTRI,
2030403036 - ITRA LELI,
2030403037 - JULIANTO FANDRA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah metodologi hukum dalam fiqh Islam. Bahasan dan kajiannya amat penting untuk mengetahui alasan, dalil, kaidah-kaidah, dan argumentasi ketentuan hukum dalam fiqh. Secara umum, mata kuliah ini berisikan pengantar dan sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh, sumber/dalil hukum Islam, al-ahkam al-syar’iyyah, ijtihad dan metode-metodenya, serta kaidah-kaidah ushuliyyah lughawiyah dan tasri’iyyah. Sebagai pelengkap dalam kajian ushul fiqh, juga berisikan materi tentang kaidah-kaidah fiqhiyyah.

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti mata kuliah Ushul Fiqh, mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan metodologi pengistinbathan hukum Islam berdasarkan kepada sumber/dalil-dalil hukum Islam, kaidah-kaidah ushuliyyah, dan kaidah-kaidah fiqhiyyah.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 - 1. Mahasiswa mengetahui dan memahami RPS Ushul Fiqh
2. Mahasiswa mengetahui dan memahami cara penilaian dan bobotnya
3. Mahasiswa mengetahui dan memahami metode pembelajaran dan tugas individual dan kelompok
Ceramah/ Tutorial
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room dan google meet
- Ceramah
- Diskusi online
- Tutorial menggunakan google meet 1 x 50 Menit
- belajar mandiri untuk memahami RPS dan mencari referensi 2 x 50 menit
- Gambaran umum dan kontrak perkuliahan
- RPS
- Sistem penilaian
- Metode pembelajaran
- Materi
2 1. Kerapian sajian
2. Bahan Rujukan
3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam membedakan antara ushul Fiqh, Fiqh dan Qawaidh Fiqh
1. Mahasiswa mampu membedakan Ushul Fiqh dengan Fiqh dan Qawaid al-Fiqhiyyah Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room dan google meet - Diskusi online
- Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang konsep dasar Ushul Fiqh
- Belajar materi menggunakan google meet 1 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 2 x 50 menit
Membuat resume materi tentang Konsep dasar ushul fiqh dan perbedaannya dengan fiqh dan qawaid fiqh Konsep Dasar Ushul Fiqh
a. Menjelaskan pengertian, latar belakang, dan objek Fiqh/Ushul Fiqh
b. Menjelaskan tujuan mempelajari Fiqh dan Ushul Fiqh
c. Membedakan Ushul Fiqh dengan Fiqh serta Qawaid al-Fiqhiyah
3 1. Kerapian sajian
2. Bahan Rujukan
3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam menganalisis sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh pada setiap periodesasinya
Mahasiswa mampu menganalisis sejarah pertumbuhan ushul fiqh mulai dari periode Nabi sampai periode Kebangkitan Kembali Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room Menyimak, Mengamati, Mendi- Diskusi online
- Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh
skusikan, dan Menjawab soal
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 1 x 50 menit membuat resume
Membuat resume materi tentang Sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Ushul Fiqh
a. Mendiskripsikan pada periode Nabi SAW.
b. Mendiskripsikan pada periode Sahabat
c. Mendiskripsikan pada periode Sighâr Sahâ-bah/Tabi’în
d. Mendiskripsikan pada periode keemasan/pembukuan (tadwin)
e. Mendiskripsikan pada periode stagnasi/jumud
f. Mendiskripsikan pada periode kebangkitan
4 Ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sumber dan dalil hukum Islam Mahasiswa mampu menganalisis sumber/dalil utama dalam hukum Islam Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room - Diskusi online
- Menjawab soal-soal quis melalui google form
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan menjawab quis 1 x 50 menit
Menjawab soal-soal quis melalui google form - Al-Qur`ân sebagai sumber/dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan al-Qur`ân
b. Mendiskripsikan kedudukan/kehujjahannya
c. Memahami dalalah al-Quran terhadap hukum, kejelasan maknanya, dan penjelasannya terhadap hukum

- Sunnah sebagai sumber/dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan Sunnah
b. Mendiskripsikan kedudukan/kehujjahannya
c. Menguraikan macam-macam Sunnah
d. Menjelaskan fungsi Sunnah terhadap al-Quran
5 1. Kerapian sajian
2. Bahan Rujukan
3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam menjelaskan al-ahkam al-syar’iyyah
Mahasiswa mampu menganalisis al-Ahkam al-Syar’iyyah dan implikasinya dalam perbuatan manusia (mukallaf) Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room, Cloud X, dan google meet Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soa- Diskusi online
- Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang al-ahkam al-syar’iyyah
l
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 1 x 50 Menit
- Belajar materi
- menggunakan google meet 1 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 1 x 50 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan meMembuat resume materi tentang al-Ahkam al-Syar’iyyahnyebutkan..., dan lain sebagainya Al-Ahkam al-Syar’iyyah
a. Mengetahui Hukum syara’
b. Menjelaskan Hâkim
c. Menjelaskan Mahkûm Fih/Bih
d. Menjelaskan Mahkûm Alaih
e. Memahami Ahliyyah
6 Menjawab soal-soal quis melalui google form Mahasiswa mampu merumuskan ijtihad sebagai dalil hukum Islam dan mengaplikasikan metode ijtihad sebagai dalil dalam menetapkan hukum Islam Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room - Diskusi online
- Menjawab soal-soal quis melalui google form
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas menjawab quis 1x 50 menit
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ijtihad dan ijma’ - Ijtihad
a. Mendefenisikan Ijtihad
b. Menjelaskan dasar hukum dan Kehujjahannya
c. Merumuskan objek Ijtihad, syarat-syarat, dan tingkatan mujtahid,
d. Menjelaskan pembagian/ bentuk-bentuk/macam-macam Ijtihad

- Ijma’ sebagai dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan Ijma’
b. Menjelaskan dasar hukum dan Kehujjahannya
c. Menjelaskan tingkatan Ijma’
d. Mengaplikasikan Ijma’ di zaman kontemporer
7 Menjawab soal-soal quis melalui google form Mahasiswa mampu mengaplikasikan
Metode Qiyas dan maslahah mursalah dalam menetapkan hukum Islam
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room - Diskusi online
- Menjawab soal-soal quis melalui google form
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan menjawab quis 1 x 50 menit
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sumber dan dalil hukum Islam Qiyas sebagai dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan Qiyas
b. Menjelaskan dasar hukum
c. Mendeskripsikan kedudukan/kehujjahannya
d. Menguraikan rukun dan syarat Qiyâs
e. Menjelaskan macam-macam Qiyâs
f. Mengetahui cara-cara mencari ‘illat (masâlik al-‘illah)


Maslahah Mursalah sebagai dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan Mashlahah Mursalah
b. Menjelaskan dasar hukum
c. Menguraikan syarat-syaratnya
d. Mendeskripsikan kedudukan/kehujjahannya
e. Mengaplikasikannya di zaman kontemporer
8 Menjawab soal-soal quis melalui google form Mahasiswa mampu mengaplikasikan Metode ‘urf dan sadd al-zari’ah dalam menetapkan hukum Islam Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room - Diskusi online
- Menjawab soal-soal quis melalui google form
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan menjawab quis 1 x 50 menit
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sumber dan dalil hukum Islam - ‘Urf Sebagai dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan ‘Urf
b. Menjelaskan dasar hukum
c. Menjelaskan macam-macamnya
d. Mendeskripsikan kedudukan/kehujjahannya
e. Menguraikan kaidah-kaidah fiqh tentang ‘urf
f. Mengapresiasi implikasi perubahan ‘urf

- Sadd al-Zariah sebagai dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan Sadd al-Zari’ah
b. Menjelaskan dasar hukum
c. Mendeskripsikan kedudukan/kehujjahannya
d. Menjelaskan macam-macam & tingkatannya
e. Mengaplikasikannya di zaman kontemporer
9 - UTS Mengerjakan Soal UTS - 3 x 50 menit -
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: EBI206-Ushul Fikih (3 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-A, Dosen : DODON ALFIANDER, SULASTRI CANIAGO, M.Ag., Ruang: FEBI 3.5, Hari: Senin, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH

Pengunggahan Barusan