Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah layanan informasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang etika pergaulan dalam Islam di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan uji statistik (uji t).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu mengukur pemahaman siswa tentang etika pergaulan dalam Islam kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang berjumlah 745 orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas XI Akuntansi 1 yang berjumlah 25 orang siswa. Berdaarkan populasi di atas maka penulis mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan, yakni kategori pemahaman siswa tentang etika pergaulan dalam Islam.
Berdasarkan pada tabel hasil analisis data diketahui bahwa adanya peningkatan skor pemahaman siswa tentang etika pergaulan dalam Islam setelah diberikan layanan informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa to (t hitung) lebih besar dari tt (t tabel) pada taraf signifikan satu persen. Hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya, layanan informasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang etika pergaulan dalam Islam kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Padang Panjang.