Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | AKUNTANSI SYARIAH |
Kode Matakuliah | EBI206 |
Nama Matakuliah | Ushul Fikih |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | SULASTRI CANIAGO, M.Ag. |
Peserta Perkuliahan | 1730402015 - DEFRI YULIAN RAHMAT, 1730402053 - MUHAMMAD IHSAN, 2030403038 - JUMAIDIL HIJJAH FEBRI, 2030403039 - KHAIRUNNISAA, 2030403040 - KHOLIZA PESMA, 2030403041 - KURNIATUL HASANAH, 2030403042 - LARA PUTRI BERLIANA, 2030403043 - LEFRI GUSDI, 2030403044 - LESMANA NIAGARA, 2030403045 - LUSI PERMATA SARI, 2030403046 - LUSI TARTILA, 2030403047 - M.DIAN SAPUTRA, 2030403048 - M.FADILLAH TANJUNG, 2030403049 - MAISA PUTRI, 2030403050 - MARTA RIZAL, 2030403051 - MELATI PUJA, 2030403052 - MERISA WALDIANA, 2030403053 - MESI RESKI, 2030403054 - MICHEL PURNANDA, 2030403055 - MIFTAHUL FAJRIANI, 2030403056 - MIFTAHULJANAH, 2030403057 - MIFTAHURRAHMAH, 2030403058 - MISKA MUFIDAH WATI, 2030403059 - MUGI ISWARI PUTRI, 2030403060 - MUKHLIS ARSYAD, 2030403061 - NADIA PUTRI, 2030403062 - NAJUNDA AULIA, 2030403063 - NESI SEPITRI, 2030403064 - NISA FITRIANA, 2030403065 - NOVELIA HERYANI, 2030403066 - NUR AMELIA FITRIYANI, 2030403067 - NURFATIA HAMIMA, 2030403068 - NURHASANAH, 2030403069 - NURHIDAYANI, 2030403070 - NURUL FAUZIAH, 2030403071 - OLIVIA NADA NABILA, 2030403072 - POPPI OKTAVIA, 2030403073 - PUTRI AULIA LASMI, 2030403074 - PUTRI SUNDARI |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah metodologi hukum dalam fiqh Islam. Bahasan dan kajiannya amat penting untuk mengetahui alasan, dalil, kaidah-kaidah, dan argumentasi ketentuan hukum dalam fiqh. Secara umum, mata kuliah ini berisikan pengantar dan sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh, sumber/dalil hukum Islam, al-ahkam al-syar’iyyah, ijtihad dan metode-metodenya, serta kaidah-kaidah ushuliyyah lughawiyah dan tasri’iyyah. Sebagai pelengkap dalam kajian ushul fiqh, juga berisikan materi tentang kaidah-kaidah fiqhiyyah.
Setelah mengikuti mata kuliah Ushul Fiqh, mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan metodologi pengistinbathan hukum Islam berdasarkan kepada sumber/dalil-dalil hukum Islam, kaidah-kaidah ushuliyyah, dan kaidah-kaidah fiqhiyyah.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | - | 1. Mahasiswa mengetahui dan memahami RPS Ushul Fiqh 2. Mahasiswa mengetahui dan memahami cara penilaian dan bobotnya 3. Mahasiswa mengetahui dan memahami metode pembelajaran dan tugas individual dan kelompok |
Ceramah/ Tutorial Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room dan google meet |
- Diskusi online | - Tutorial menggunakan google meet 1 x 50 Menit - belajar mandiri untuk memahami RPS dan mencari referensi 2 x 50 menit |
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Gambaran umum dan kontrak perkuliahan - RPS - Sistem penilaian - Metode pembelajaran - Materi |
2 | Mahasiswa mampu1. Kerapian sajian 2. Bahan Rujukan 3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam membedakan antara ushul Fiqh, Fiqh dan Qawaidh Fiqh menjelaskan dan mendikusikan .... |
1. Mahasiswa mampu membedakan Ushul Fiqh dengan Fiqh dan Qawaid al-Fiqhiyyah | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room dan google meet | - Diskusi online - Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang konsep dasar Ushul Fiqh |
- Belajar materi menggunakan google meet 1 x 50 Menit - Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 2 x 50 menit |
Membuat resume materi tentang Konsep dasar ushul fiqh dan perbedaannya dengan fiqh dan qawaid fiqh | Konsep Dasar Ushul Fiqh a. Menjelaskan pengertian, latar belakang, dan objek Fiqh/Ushul Fiqh b. Menjelaskan tujuan mempelajari Fiqh dan Ushul Fiqh c. Membedakan Ushul Fiqh dengan Fiqh serta Qawaid al-Fiqhiyah |
3 | 1. Kerapian sajian 2. Bahan Rujukan 3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam menganalisis sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh pada setiap periodesasinya |
Mahasiswa mampu menganalisis sejarah pertumbuhan ushul fiqh mulai dari periode Nabi sampai periode Kebangkitan Kembali | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room | - Diskusi online - Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh |
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit - Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 1 x 50 menit membuat resume |
Membuat resume materi tentang Sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh | Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Ushul Fiqh a. Mendiskripsikan pada periode Nabi SAW. b. Mendiskripsikan pada periode Sahabat c. Mendiskripsikan pada periode Sighâr Sahâ-bah/Tabi’în d. Mendiskripsikan pada periode keemasan/pembukuan (tadwin) e. Mendiskripsikan pada periode stagnasi/jumud f. Mendiskripsikan pada periode kebangkitan kembali |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dKetepatan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sumber dan dalil hukum Islam | Mahasiswa mampu menganalisis sumber/dalil utama dalam hukum Islam | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room | - Diskusi online - Menjawab soal-soal quis melalui google form |
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit - Belajar mandiri dengan menjawab quis 1 x 50 menit |
Menjawab soal-soal quis melalui google form | - Al-Qur`ân sebagai sumber/dalil hukum Islam a. Mendefenisikan al-Qur`ân b. Mendiskripsikan kedudukan/kehujjahannya c. Memahami dalalah al-Quran terhadap hukum, kejelasan maknanya, dan penjelasannya terhadap hukum - Sunnah sebagai sumber/dalil hukum Islam a. Mendefenisikan Sunnah b. Mendiskripsikan kedudukan/kehujjahannya c. Menguraikan macam-macam Sunnah d. Menjelaskan fungsi Sunnah terhadap al-Quran |
5 | 1. Kerapian sajian 2. Bahan Rujukan 3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam menjelaskan al-ahkam al-syar’iyyah |
Mahasiswa mampu menganalisis al-Ahkam al-Syar’iyyah dan implikasinya dalam perbuatan manusia (mukallaf) | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room, Cloud X, dan google meet | - Diskusi online - Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang al-ahkam al-syar’iyyah |
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 1 x 50 Menit - Belajar materi - menggunakan google meet 1 x 50 Menit - Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 1 x 50 menit |
Membuat resume materi tentang al-Ahkam al-Syar’iyyah | Al-Ahkam al-Syar’iyyah a. Mengetahui Hukum syara’ b. Menjelaskan Hâkim c. Menjelaskan Mahkûm Fih/Bih d. Menjelaskan Mahkûm Alaih e. Memahami Ahliyyah |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: EBI206-Ushul Fikih (3 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-B, Dosen : SULASTRI CANIAGO, M.Ag., Ruang: FEBI 3.5, Hari: Senin, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar