Publikasi IAIN Batusangkar

EBI206-Ushul Fikih (3 SKS) 1 20-AKSYA-B SULASTRI CANIAGO, M.Ag. FEBI 3.5, Senin, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

EBI206-Ushul Fikih (3 SKS) 1 20-AKSYA-B SULASTRI CANIAGO, M.Ag. FEBI 3.5, Senin, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan AKUNTANSI SYARIAH
Kode Matakuliah EBI206
Nama Matakuliah Ushul Fikih
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan SULASTRI CANIAGO, M.Ag.
Peserta Perkuliahan 1730402015 - DEFRI YULIAN RAHMAT,
1730402053 - MUHAMMAD IHSAN,
2030403038 - JUMAIDIL HIJJAH FEBRI,
2030403039 - KHAIRUNNISAA,
2030403040 - KHOLIZA PESMA,
2030403041 - KURNIATUL HASANAH,
2030403042 - LARA PUTRI BERLIANA,
2030403043 - LEFRI GUSDI,
2030403044 - LESMANA NIAGARA,
2030403045 - LUSI PERMATA SARI,
2030403046 - LUSI TARTILA,
2030403047 - M.DIAN SAPUTRA,
2030403048 - M.FADILLAH TANJUNG,
2030403049 - MAISA PUTRI,
2030403050 - MARTA RIZAL,
2030403051 - MELATI PUJA,
2030403052 - MERISA WALDIANA,
2030403053 - MESI RESKI,
2030403054 - MICHEL PURNANDA,
2030403055 - MIFTAHUL FAJRIANI,
2030403056 - MIFTAHULJANAH,
2030403057 - MIFTAHURRAHMAH,
2030403058 - MISKA MUFIDAH WATI,
2030403059 - MUGI ISWARI PUTRI,
2030403060 - MUKHLIS ARSYAD,
2030403061 - NADIA PUTRI,
2030403062 - NAJUNDA AULIA,
2030403063 - NESI SEPITRI,
2030403064 - NISA FITRIANA,
2030403065 - NOVELIA HERYANI,
2030403066 - NUR AMELIA FITRIYANI,
2030403067 - NURFATIA HAMIMA,
2030403068 - NURHASANAH,
2030403069 - NURHIDAYANI,
2030403070 - NURUL FAUZIAH,
2030403071 - OLIVIA NADA NABILA,
2030403072 - POPPI OKTAVIA,
2030403073 - PUTRI AULIA LASMI,
2030403074 - PUTRI SUNDARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah metodologi hukum dalam fiqh Islam. Bahasan dan kajiannya amat penting untuk mengetahui alasan, dalil, kaidah-kaidah, dan argumentasi ketentuan hukum dalam fiqh. Secara umum, mata kuliah ini berisikan pengantar dan sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh, sumber/dalil hukum Islam, al-ahkam al-syar’iyyah, ijtihad dan metode-metodenya, serta kaidah-kaidah ushuliyyah lughawiyah dan tasri’iyyah. Sebagai pelengkap dalam kajian ushul fiqh, juga berisikan materi tentang kaidah-kaidah fiqhiyyah.

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti mata kuliah Ushul Fiqh, mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan metodologi pengistinbathan hukum Islam berdasarkan kepada sumber/dalil-dalil hukum Islam, kaidah-kaidah ushuliyyah, dan kaidah-kaidah fiqhiyyah.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 - 1. Mahasiswa mengetahui dan memahami RPS Ushul Fiqh
2. Mahasiswa mengetahui dan memahami cara penilaian dan bobotnya
3. Mahasiswa mengetahui dan memahami metode pembelajaran dan tugas individual dan kelompok
Ceramah/ Tutorial
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room dan google meet
- Diskusi online - Tutorial menggunakan google meet 1 x 50 Menit
- belajar mandiri untuk memahami RPS dan mencari referensi 2 x 50 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Gambaran umum dan kontrak perkuliahan
- RPS
- Sistem penilaian
- Metode pembelajaran
- Materi
2 Mahasiswa mampu1. Kerapian sajian
2. Bahan Rujukan
3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam membedakan antara ushul Fiqh, Fiqh dan Qawaidh Fiqh
menjelaskan dan mendikusikan ....
1. Mahasiswa mampu membedakan Ushul Fiqh dengan Fiqh dan Qawaid al-Fiqhiyyah Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room dan google meet - Diskusi online
- Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang konsep dasar Ushul Fiqh
- Belajar materi menggunakan google meet 1 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 2 x 50 menit
Membuat resume materi tentang Konsep dasar ushul fiqh dan perbedaannya dengan fiqh dan qawaid fiqh Konsep Dasar Ushul Fiqh
a. Menjelaskan pengertian, latar belakang, dan objek Fiqh/Ushul Fiqh
b. Menjelaskan tujuan mempelajari Fiqh dan Ushul Fiqh
c. Membedakan Ushul Fiqh dengan Fiqh serta Qawaid al-Fiqhiyah
3 1. Kerapian sajian
2. Bahan Rujukan
3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam menganalisis sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh pada setiap periodesasinya
Mahasiswa mampu menganalisis sejarah pertumbuhan ushul fiqh mulai dari periode Nabi sampai periode Kebangkitan Kembali Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room - Diskusi online
- Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 1 x 50 menit membuat resume
Membuat resume materi tentang Sejarah pertumbuhan dan perkembangan ushul fiqh Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Ushul Fiqh
a. Mendiskripsikan pada periode Nabi SAW.
b. Mendiskripsikan pada periode Sahabat
c. Mendiskripsikan pada periode Sighâr Sahâ-bah/Tabi’în
d. Mendiskripsikan pada periode keemasan/pembukuan (tadwin)
e. Mendiskripsikan pada periode stagnasi/jumud
f. Mendiskripsikan pada periode kebangkitan kembali
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dKetepatan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sumber dan dalil hukum Islam Mahasiswa mampu menganalisis sumber/dalil utama dalam hukum Islam Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, dan google class room - Diskusi online
- Menjawab soal-soal quis melalui google form
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 2 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan menjawab quis 1 x 50 menit
Menjawab soal-soal quis melalui google form - Al-Qur`ân sebagai sumber/dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan al-Qur`ân
b. Mendiskripsikan kedudukan/kehujjahannya
c. Memahami dalalah al-Quran terhadap hukum, kejelasan maknanya, dan penjelasannya terhadap hukum

- Sunnah sebagai sumber/dalil hukum Islam
a. Mendefenisikan Sunnah
b. Mendiskripsikan kedudukan/kehujjahannya
c. Menguraikan macam-macam Sunnah
d. Menjelaskan fungsi Sunnah terhadap al-Quran
5 1. Kerapian sajian
2. Bahan Rujukan
3. Ketepatan, Kelengkapan dan ketajaman analisis dalam menjelaskan al-ahkam al-syar’iyyah
Mahasiswa mampu menganalisis al-Ahkam al-Syar’iyyah dan implikasinya dalam perbuatan manusia (mukallaf) Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, google class room, Cloud X, dan google meet - Diskusi online
- Mencari materi secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan membuat resume tentang al-ahkam al-syar’iyyah
- Information search dan diskusi menggunakan e-campus dan google class room 1 x 50 Menit
- Belajar materi
- menggunakan google meet 1 x 50 Menit
- Belajar mandiri dengan tugas Terstruktur 1 x 50 menit
Membuat resume materi tentang al-Ahkam al-Syar’iyyah Al-Ahkam al-Syar’iyyah
a. Mengetahui Hukum syara’
b. Menjelaskan Hâkim
c. Menjelaskan Mahkûm Fih/Bih
d. Menjelaskan Mahkûm Alaih
e. Memahami Ahliyyah
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: EBI206-Ushul Fikih (3 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-B, Dosen : SULASTRI CANIAGO, M.Ag., Ruang: FEBI 3.5, Hari: Senin, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH

Pengunggahan Barusan