Publikasi IAIN Batusangkar

INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS) 3 19-MI-A RUSDIAL RUSMI,M.PD FEBI 3.3, Senin, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS) 3 19-MI-A RUSDIAL RUSMI,M.PD FEBI 3.3, Senin, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan MANAJEMEN INFORMATIKA
Kode Matakuliah INF311
Nama Matakuliah Teknik Riset Operasional
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan RUSDIAL RUSMI,M.PD
Peserta Perkuliahan 1950401001 - ADE BENY AGUS PUTRA,
1950401002 - AGIEL PRATAMA,
1950401003 - AHSANURRIJAL,
1950401004 - AL FAJRI,
1950401006 - ANDIKA PRATAMA .T,
1950401007 - ANISA RAHMA PUTRI,
1950401008 - AYDIL SAPUTRA,
1950401009 - BAYU BUANA PUTRA,
1950401010 - BINTANG CAMPAGO AMANSYAH,
1950401011 - DAHLIA LARASATI,
1950401012 - DEFRI MAULANA,
1950401013 - DERRY DAVINCI,
1950401014 - DESKY RAMADHAN,
1950401016 - DIMAS FADHALI SYAFIQ,
1950401017 - EARLY FARAGON VAN MATUSKA,
1950401018 - FAUZAN HAMID,
1950401021 - GIVO NUR AKBAR,
1950401022 - GUSTIANI,
2050401035 - FADLILLAH

2. Deskripsi Pembelajaran

3. Capaian / Kompetensi

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Meringkas materi tentang pengertian Teknik Riset Operasional dan Pemrograman Linier dan kaitannya dengan bidang manajemen informatika • Mahasiswa memahami dengan baik kontrak perkuliahan dan RPS.
• Mahasiswa memahami ruang lingkup teknik riset operasional.
• Mahasiswa mampu menyelesaikamasalah pemodelan Program Linear
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menjelaskan pengertian Teknik Riset Operasional dan Pemrograman Linier dan kaitannya dengan bidang manajemen informatika
a. Menyampaikan kontrak perkuliahan dan RPS
b. Gambaran Umum Teknik riset operasional
c. Pemodelan Persoalan Optimasi dalam PL
2 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah PL dengan metode grafik secara manual ataupun menggunakan Ms.Excel
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi pertemuan 1
b. Penyelesaian/solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
3 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah PL dengan metode grafik secara manual ataupun menggunakan Ms.Excel
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi pertemuan 1
b. Penyelesaian/solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
4 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel
• Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut.
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks
5 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel
• Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut.
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks
6 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel
• Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut.
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
a. Review materi sebelumnya
b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks
7 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Dual Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dualitas
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Dual Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Teori Dualitas
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ujian Tengah Semester (UTS)
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS), Semester: 3 19-MI-A, Dosen : RUSDIAL RUSMI,M.PD, Ruang: FEBI 3.3, Hari: Senin, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA

Pengunggahan Barusan