Abstract:
Matematika suatu mata pelajaran yang membutuhkan suatu pemahaman konsep dan mengerjakan suatu prosedur dengan baik. Aspek Pengetahuan prosedural dan penguasaan konsep siswa bisa mnyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual digunakan untuk melihat bermacam-macam cara siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Hal itu juga digunakan untuk melihat sejauh mana siswa memahami konsep dan prosedur dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis.
Berdasarkan permasalahan yang diteliti, jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan, dan tidak dimaksudkan untuk mengkaji hipotesis tertentu. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 di SMA N 1 Sungayang karena kelas tersebut sudah terbisa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Kelas uji coba pada kelas XI IPS 2 yang memiliki kemampuan yang sama dalam pemecahan masalah matematis.
Pemahaman konseptual dan Pengetahuan prosedural siswa dalam pemecahan masalah Matematis awalnya sangat rendah. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya siswa mengerjakan prosedur menurut pemahamannya masing-masing dan sedikit siswa yang menjawab soal tentang pengetahuan prosedural hanya sebagian proses. Saat guru memberikan umpan balik tentang materi yang tidak dipahami siswa maka siswa tidak menanyakan materi yang belum dimengerti. Oleh karena itu peneliti tertarik mengambil judul pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematis.
Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konseptual siswa kelas XI di SMAN 1 Sungayang memperoleh prediket memuaskan sedangkan pengetahuan prosedural memperoleh prediket cukup memusakan. Pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural sangat berhubungan dalam memecahkan masalah matematis.