Publikasi IAIN Batusangkar

IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 20-AKSYA-B ZUL ATRIL, M.Sy FEBI 3.9, Selasa, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 20-AKSYA-B ZUL ATRIL, M.Sy FEBI 3.9, Selasa, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan AKUNTANSI SYARIAH
Kode Matakuliah IBS101
Nama Matakuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan ZUL ATRIL, M.Sy
Peserta Perkuliahan 2030403038 - JUMAIDIL HIJJAH FEBRI,
2030403039 - KHAIRUNNISAA,
2030403040 - KHOLIZA PESMA,
2030403041 - KURNIATUL HASANAH,
2030403042 - LARA PUTRI BERLIANA,
2030403043 - LEFRI GUSDI,
2030403044 - LESMANA NIAGARA,
2030403045 - LUSI PERMATA SARI,
2030403046 - LUSI TARTILA,
2030403047 - M.DIAN SAPUTRA,
2030403048 - M.FADILLAH TANJUNG,
2030403049 - MAISA PUTRI,
2030403050 - MARTA RIZAL,
2030403051 - MELATI PUJA,
2030403052 - MERISA WALDIANA,
2030403053 - MESI RESKI,
2030403054 - MICHEL PURNANDA,
2030403055 - MIFTAHUL FAJRIANI,
2030403056 - MIFTAHULJANAH,
2030403057 - MIFTAHURRAHMAH,
2030403058 - MISKA MUFIDAH WATI,
2030403059 - MUGI ISWARI PUTRI,
2030403060 - MUKHLIS ARSYAD,
2030403061 - NADIA PUTRI,
2030403062 - NAJUNDA AULIA,
2030403063 - NESI SEPITRI,
2030403064 - NISA FITRIANA,
2030403065 - NOVELIA HERYANI,
2030403066 - NUR AMELIA FITRIYANI,
2030403067 - NURFATIA HAMIMA,
2030403068 - NURHASANAH,
2030403069 - NURHIDAYANI,
2030403070 - NURUL FAUZIAH,
2030403071 - OLIVIA NADA NABILA,
2030403072 - POPPI OKTAVIA,
2030403073 - PUTRI AULIA LASMI,
2030403074 - PUTRI SUNDARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang kecakapan dan kemampuan penguasaan pengetahuan kewargaan (civic knowledge) yang terkait dengan materi inti yaitu demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani (civil society). Kecakapan dan kemampuan sikap kewargaan (civic dispositions) seperti pengakuan keragaman. Kecakapan dan kemampuan mengartikulasikan kemampuan kewargaan (civic skills) seperti kemampuan berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan publik, kontrol terhadap pelaksanaan kebijakan publik penyelenggara negara dan pemerintahan

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menanamkan prinsip demokrasi bagi terwujudnya masyarakat madani, mengembangkan masyarakat menjadi demokratis, kemampuan mendapatkan kepercayaan dari rakyat (masyarakat), mengembangkan kearifan diri (self wisdom) dalam menggunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat melalui transfer pembelajaran (transfer learning), pengalihan nilai (transfer of falues), dan pengalihan prinsip-prinsip (transfer of principles).

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan kontrak kuliah Perkenalan dan Kontrak Kuliah Ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan Mendiskusikan 3 x 50 menit Menyimak, Mengamati, dan Mendiskusikan Peraturan Akademik
2 1. Menganalisa konsep dasar Pendidikan Kewargaan (Civic Education)
2. Menyadari pentingnya dasar Pendidikan Kewargaan (Civic Education) sebagai wadah dan media dalam kerangka nation and character building (pengemabangan dan bangsa berkeadaban.
3. Meanalisa standar kompetensi dan kompetensi dasar Pendidikan Kewargaan (Civic Education)
4. Menganalisa ruang lingkup Materi Pendidikan Kewargaan
5. Menganalisa paradigma Pendidikan Kewargaan
6. Mengapresiasi pentingnya Pendidikan Kewargaan (Civic Education) bagi pembangunan budaya demokrasi di Indonesia
7. Mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pendidikan Kewargaan
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Epistimology, hakikat, Serta Prinsip Dasar Pendidikan kewargaan Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami dan menjelaskan Epistimology, hakikat, Serta Prinsip Dasar Pendidikan kewargaan Buku, jurnal, video dan lain-lain
3 Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan Pengertian Negara
2. Menjelaskan tujuan negara
3. Menganalisa unsur-unsur Negara
4. Menganalisa teori terbentuknya negara
5. Menganalisa bentuk-bentuk negara
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep dasar Negara berkeadaban Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami permasalahan-permasalahan pada negara Buku, jurnal, video dan lain-lain
4 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan hubungan agama dan negara
2. Menganalisa praktek hubungan Agama dan negara di berbagai negara Muslim
3. Mengkritisi hubungan Agama dan negara di Indonesia
4. Menganalisa gejala disintegrasi bangsa
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep dasar Negara berkeadaban Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami permasalahan-permasalahan pada negara Buku, jurnal, video dan lain-lain
5 Mahasiswa dapat:
1. Memahami konsep dasar (pengertian, tujuan, fungsi dan ruang lingkup) konstitusi dalam kehidupan kenegaraan
2. Menganalisa urgensi konstitusi dalam kehidupan kenegaraan
3. Menerima pentingnya konstitusi dalam sebuah negara
4. Mengetahui klasifikasi Konstitusi
5. Memahami sejarah dan perkembangan konstitusi
6. Menganalisa pola kerja lembaga kenegaraan pasca amandemen UUD 1945
7. Menganalisa tata urutan perundang-undangan Indonesia dalam konteks konstitusi
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Konstitusi dan Tata Perundang-Undangan dalam Kehidupan Bernegara Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Membuat resume dan memberikan tanggapan Buku, jurnal, video dan lain-lain
6 Mahasiswa dapat:
1. Menganalisa hakikat dan dimensi identitas nasional
2. Menganalisa unsur-unsur pembentukan identitas nasional
3. Menganalisa keberadaan pancasila sebagai nilai bersama dalam kehidupan kebangsaan dan kenegaraan
4. Menganalisa upaya revitalisasi pancasila dalam konteks perubahan sosial-politik Indonesia modern
5. Mengkritisi konsep dasar globalisasi, glokalisasi, dan ketahanan nasional
6. Mengkritisi konsep dasar multikulturalisme dan penerapannya dalam penguatan nasionalisme dan arus globalisasi
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep Identitas nasional dan globalisasi nasional Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Identitas nasional dan globalisasi nasional Buku, jurnal, video dan lain-lain
7 Mahasiswa dapat:
1. Menganalisa hakikat demokrasi dalam tatanan Kehidupan
2. Mengkritisi demokrasi sebagai pandangan dalam tatanan kehidupan bersama dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
3. Menerima demokrasi sebagai pandangan dalam tatanan kehidupan bersama dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
4. Menganalisa sejarah perkembangan demokrasi di barat dan di Indonesia
5. Menganalisa efektivitas unsur-unsur penunjang tegaknya demokrasi
6. Menganalisa parameter tatanan kehidupan yang demokratis
7. Menyimpulkan keberadaan partai politik dan pemilu dalam rangka masa depan demokrasi di Indonesia
8. Mengkritisi wacana hubugan Islam dan demokrasi
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan demokrasi sebagai salah satu dimensi utama dalam perwujudan masyarakat madani Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami, menganalisa dan mengkaji tentang pelaksanaan demokrasi di lingkungan mahasiswa Buku, jurnal, video dan lain-lain
8 UTS UTS UTS UTS 3 x 50 menit UTS UTS
9 Mahasiswa dapat:
1. Menganalisa hakikat otonomi daerah dan desentralisasi
2. Menilai rumusan visi otonomi daerah
3. Menganalisa prinsip prinsip dalam pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah
4. Menganalisa tentang pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam konteks desentralisasi dan otonomi daerah
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan ketentuan Konsep otomo, daerah Dalam keramhka NKRI Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami dan menganalisa prinsip-prinsip otonomi daerah Buku, jurnal, video dan lain-lain
10 Mahasiswa mampu:
1. Menganalisa keterkaitan antara otonomi daerah dengan pemilihan kepala daerah secara langsung
2. Mengapresiasi kebijakan otonomi daerah sebagai upaya efektifitas dan efisiensi manajemen pemerintahan dalam kerangka NKR
3. Mengkritisi pelaksanaan otonomi daerah
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan ketentuan Konsep otomomi, daerah Dalam keramhka NKRI Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami, menganalisa dan mengkritisi pelaksanaan otonomi daerah Buku, jurnal, video dan lain-lain
11 Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan Pengertian, good governance
2. Menganalisa pentingnya prinsip-prinsip good governance dalam tata kelola pemerintahan modern
3. Menganalisa unsur-unsur pokok dalam mewujudkan cita-cita good governance
4. Mendemonstrasikan prinsip-prinsip good governance dalam skala kecil
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good & Clean Governance) Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami dan menganalisa prinsip-prinsip clean & good governance dan penerapannya dalam skala kecil Buku, jurnal, video dan lain-lain
12 Mahasiswa mampu
1. Mengkritisi kebijakan pemerintah atau lembaga terkait melalui paradigma clean & good governance
2. Menganalisa keterkairan clean & good governance dengan gerakan anti korupsi
3. Menganalisa keterkairan clean & good governance dengan kinerja birokrasi pelayanan publik
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good & Clean Governance) Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami dan menganalisa keterkaitan clean & good governance dengan gerakan anti korupsi Buku, jurnal, video dan lain-lain
13 Mahasiswa dapat:
1. Menganalisa pengertian dan karakter dasar HAM
2. Menjelaskan perkembangan HAM baik dalam konteks global maupun nasional
3. Menjelaskan bentuk-bentuk HAM
4. Menganalisa model pelanggaran HAM
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Konsep HAM (Hak Asasi Manusia) Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Memahami dan menganalisa model-model pelanggaran HAM Buku, jurnal, video dan lain-lain
14 Mahasiswa dapat:
1. Membedakan nilai universal dan lokal HAM
2. Menganalisa prinsip- prinsip kesetaraan gender
3. Menganalisa konsep-konsep Islam tentang HAM
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Konsep HAM (Hak Asasi Manusia) Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Menganalisa konsep-konsep Islam tentang HAM Buku, jurnal, video dan lain-lain
15 Mahasiswa dapat:
1. Menganalisa konsep Masyarakat Madani (Civil Society)
2. Menghayati nilai-nilai Masyarakat Madani (Civil Society)
3. Memahami posisi Masyarakat Madani (Civil Society) dalam negara demokras
4. Mengkritisi perkembangan Masyarakat Madani (Civil Society) di Indonesia
5. Mempraktekkan nilai dan semangat Masyarakat Madani (Civil Society) dalam kehidupan sehari-hari
Mahasiswa memahami serta terampil Membangun Masyarakat Madani (Civil Society) Diskusi, ceramah dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Mempraktekan nilai dan semangat Masyarakat Madani (Civil Society) dalam kehidupan sehari-hari Buku, jurnal, video dan lain-lain
16 UAS UAS UAS UAS 3 x 50 menit UAS UAS

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-B, Dosen : ZUL ATRIL, M.Sy, Ruang: FEBI 3.9, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS