Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | IBS105 |
Nama Matakuliah | Kapita Selekta Fikih |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | NAILUR RAHMI, M.AG. |
Peserta Perkuliahan | 1750401023 - HANA MEGA DIANTY, 1750401024 - HARDIMON ASRI YUSAN, 1750401049 - RAHMAT HIDAYAT, 1750401068 - WAHYUDI OKTAFERI, 1750401073 - ZUL FAJRI, 1850401048 - RAHMAT PUTRA RAMADHAN, 1850401049 - RAHMATUL USRA, 1850401051 - REHAN FAUZIAH, 1850401052 - RENALDI ANANDA PRATAMA, 1850401054 - ROMI FEBRIAN, 1850401055 - RYAN GHADAFI, 1850401056 - SANTRI SATRIA, 1850401057 - SEPTI UFANY AULIA FITRI, 1850401058 - SISI LESTARI, 1850401059 - SRI HASTUTI, 1850401060 - SYAFRIKA YULISA, 1850401061 - TANZIILAL AZIIZIR RAHIIM, 1850401062 - TOMMY DWI KURNIA, 1850401066 - YOANA AGUSTINA, 1850401067 - YUDA DWI PUTRA, 1850401068 - ZAQQI AMRULLAH |
: Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa D3 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai teori tentang prinsip-prinsip dasar dari ketentuan hukum dalam masalah ibadah dan Munakahat Mata kuliah ini mengajarkan aspek prinsip-prinsip dasar dari ketentuan hukum dalam ibadah dan munakahat
Mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip dasar dan ketentuan hukum dalam masalah ibadah dan muamalah serta mampu mengaplikasikannya
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami 1. Garis besar mata kuliah 2. Arti penting kuliah kapita selekta fikih 3. Kontrak perkuliahan |
Mahasiswa mampu memahami garis besar perkuliahan | Diskusi via Whatshap, Classroom, e-learning | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan mendiskusikan, menjawab pertanyaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami epistemology, hakikat dan prinsip-prinsip dasar fikih & ibadah | Diskusi via Whatshap, Classroom, e-learning | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan mendiskusikan, menjawab pertanyaan |
2x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar thaharah | Diskusi via Whatshap, Classroom, e-learning | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan mendiskusikan, menjawab pertanyaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami pengertian, dasar hukum, rukun dan syarat, tata cara shalat seta hal-hal yang membatalkan shalat | Diskusi via Whatshap, Classroom, e-learning | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan mendiskusikan, menjawab pertanyaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami aturan dan tatacara shalat berjamaah serta shalat jama’ dan qashar | Diskusi via Whatshap, google meet | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa hukum yang berkaitan dengan ketentuan puasa | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami tentang zakat dan aturan-aturannya serta mengetahui tata cara menghitung zakat | Mahasiswa mampu Memahami, menelusuri sumber bacaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, dan menjawab pertanyaan | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Zakat,ketentuan dan perhitungannya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS105-Kapita Selekta Fikih (3 SKS), Semester: 5 18-MI-C, Dosen : NAILUR RAHMI, M.AG., Ruang: SYA.11, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar