Publikasi IAIN Batusangkar

IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS) 1 20-AKSYA-C PISDONI MARDIANTO, M.Hum FEBI 3.3, Kamis, 07.15 s.d 08.55 2020/2021

IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS) 1 20-AKSYA-C PISDONI MARDIANTO, M.Hum FEBI 3.3, Kamis, 07.15 s.d 08.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan AKUNTANSI SYARIAH
Kode Matakuliah IBS102
Nama Matakuliah Sejarah Peradaban Islam
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan PISDONI MARDIANTO, M.Hum
Peserta Perkuliahan 2030403075 - RAHMAT IHSAN NAFION,
2030403076 - RAHMATUL FITRI,
2030403077 - RATNAWATI,
2030403078 - RAYHAN RAHMA SARI,
2030403079 - REKI RAHMAD HIDAYAT,
2030403080 - REREN MONICA,
2030403081 - RETNO AMALIA ANNISA,
2030403082 - REYHANA AZ ZAHRA,
2030403083 - REZA DWI HAZIZAH PURBA,
2030403084 - REZI,
2030403085 - RINA PUSPITA SARI,
2030403086 - RINTO ARIADI,
2030403087 - RIZKY AMINI NUR,
2030403088 - SAFITRI WULANDARI,
2030403089 - SEPTIA MURNI,
2030403090 - SILVANI ASRINA PUTRI,
2030403091 - SINTA KOMALA DEWI,
2030403092 - SITI AISYAH,
2030403093 - SRI WAHYUNII,
2030403094 - SUCI NURFALAH,
2030403095 - SUCI RAHMA FITRI,
2030403096 - SYAFRIYAN,
2030403097 - SYALSABILLA,
2030403098 - TEDI AMRIA,
2030403099 - TIFANNY CHATARINE PUTRI,
2030403100 - ULFA MARTADILLA,
2030403101 - VIVI SYAFRIYENI,
2030403102 - VONI ANDESKA,
2030403103 - VONYDIA HERMAN,
2030403104 - WIDIA ARIANI,
2030403105 - WITA AMELIA,
2030403106 - WITRANESIA HADISTAPURI,
2030403107 - YAYA RAHIMI PUTRI,
2030403108 - YULIA PUTRI,
2030403109 - YULIA ZULFINA,
2030403110 - YULITA ADILAH,
2030403111 - BAYU IKHSAN ALFIKRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini adalah mata kuliah institusi melalui pembelajaran berbasis research dengan modus gabungan tatap muka, mahasiswa menjelaskan dan mengidentifikasi gambaran umum sejarah peradaban islam dari periode klasik sampai masuknya islam ke asia tenggara dengan metode inquiri dengan menggunakan sumber-sumber yang relevan (mengkaji buku teks) sesuai materi yang dibahas. Mahasiswa membuat makalah yang akan dipresentasikan dan audien memberikan kritik saran terhadap pemakalah kemudian dilanjutkan dengan metode small group discussion, mahasiswa dibentuk kembali ke beberapa kelompok diskusi kecil dan diberikan materi yang berbeda kepada masing-masing kelompok kecil dan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan memberikan kritik saran dan pertanyaan kepada makalah, kemudian pemakalah menjawab pertanyaan dari masing-masing kelompok kecil tersebut. selanjutnya konfirmasi dosen terhadap tema yang dibahas oleh pemakalah dan terhadap indikator yang dibahas kelompok diskusi kecil.
Penilaian dilakukan melalui discovery learning dengan menemukan materi pada buku-buku teks yang sesuai dengan tema yang dibahas. Kemudian secara tes tulisan yaituessay tersruktur dan pilihan ganda dan penilaian secara non tes berupa wawancara, observasi dan penugasan.

3. Capaian / Kompetensi

a. Menjelaskan dan mengidentifikasikan tentang fakta sejarah, karakteristik, ruang lingkup serta landasan dasar Sejarah Kebudayaan Islam dan Peradaban Islam.
b. Mengidentifikasi perkembangan kebudayaan dan peradaban Islam pada masing-masing periode pemerintahan Islam dari berbagai unsur kebudayaan dan peradaban Islam.
c. Menjelaskan dan Mengidentifikasikan tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan kebudayaan Islam dan peradaban Islam.
d. Menjelaskan dan Mengidentifikasikan karakter dari tokoh-tokoh yang berjasa pada masing-masing periode pemerintahan Islam.
e. Meneladani dan mengambil ibrah dari karakter tokoh-tokoh yang berjasa pada masing-masing periode pemerintahan islam.
f. Meneladani dan mengambil ibrah dari tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam pada masing-masing periode pemerintahan Islam.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Menelaah kontrak Kuliah, RPS dan Kode etik Mengikuti dan melakasanakan peraturan-peraturan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliah Sejarah Peradaban Islam selama satu semester Kelas online, diskusi via media Zoom • Mengetahui pembagian materi untuk invidu dan kelompok selama satu semester 2x50 menit via Zoom Menelaah kontrak Kuliah, RPS dan Kode etik Mengikuti dan melakasanakan peraturan-peraturan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan Rencana pembelajaran semester dan kontrak perkuliahan
2 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa mampu Menjelaskan gambaran umum Sejarah Peradaban Islam dan Arab PraIslam. Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
• Gambaran Umum Sejarah Peradaban Islam (Defenisi, ruang lingkup dan urgensi).
• Arab pra Islam (kepercayaan, sosial kemasyarakatan, ekonomi, politik, kesenian dan Ilmu Pengetahuan)
3 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan, perkembangan kebudayaan Islam masa Nabi Muhammad dari berbagai unsur kebudayaan baik phase Makkah maupun phase Madinah serta meneladani kepribadian Nabi Muhammad Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
• Phase Makkah
a. Biografi Nabi Muhammad
b. Bi’tsal al rasul
c. Strategi dakwah nabi Muhammad
• Phase Madinah
a. Proses hijrah nabi Muhammad
b. Perjuangan nabi dan sahabat dalam membentuk system sosil, politik, kemiliteran, pendidikan, system perekonomian dan sumber keuangan Negara
4 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan usaha-usaha khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khattab serta meneladani dua orang khalifah tersebut Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Alkhulafah Al Rasyidun:
• System khilafah
• khalifah Abu Bakar : bigrafi dan usaahas-usaha dan permasalah pada masa
• khalifah Umar Bin Khattab :biografi, usaha dan kebijakan baik secara internal maupun ekstrenal
5 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan usaha-usaha khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib serta meneladani sifat kedermawanan dan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Alkhulafa Al Rasyidin:
• khalifah Utsman bin Affan: biografi, usaha dan kebijakan, perpecahan umat Islam
• khalifah Ali bin Abi Thalib: biografi, usaha dan permasalahan masa pemerintahaanya
• Am al jamah
6 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan peradaban Islam dan pembangunan pada masa pemerintahan Daulah Bani Umayyah serta mengambil ibrah dari usaha-usaha khalifah bani Umayyah yang berjasa baik dalam bentuk internal maupun eksternal Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Masa pemerintahan daulah Bani Umayyah
• Latar belakang berdiri
• Usaha-usaha khalifah
• Perkembangan perdaban Islam
7 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan peradaban Islam dari unsur politik, budaya, ekonom, kesenian dan ilmu penegetahuan serta meneladani kesederhanaan Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan tokoh-tokoh ilmuwan lainnya pada masa daulah Bani Umayyah Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab(Zoom) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit via Zoom • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Masa pemerintahan Daulah Bani Umayyah
• Intereknum Umar bin Abdul Aziz
• Penbangunan peradaban Islam dalam berbagai unsur
• Perkembangan ilmu pengetahuan
• Masa kemunduran dan keruntuhan bani Umayyah
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menguraikan dan menjelaskan kedudukan pemerintahan Daulah Abbasiyah dan usaha-usaha khalifah daulah Abbasiyah dalam memajukan peradaban Islam Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Masa pemerintahan daulah Abbasiyah
• Latar belakang berdiri
• Usaha-usaha khalifah dalam membangun peradaban Islam
• Menjelaskan system politik dan sosial.
10 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menganalisi kemajuan Peradaban Islam pada masa pemerintahan Daulah Abbasiyah dalam bidang pendidikan, pembangunan, kesenian, ekonomi, politik,dan lain sebagainya Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Masa pemerintahan Daulah Abbasiyah
• Perkembangan kebudayaan islam dalam bindang: social budaya, politik, ekonomi, dan nhukum.
• Perkembangan intelektual
• Proses kemunduran dan keruntuhan.
11 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan Islam dan peradaban Islam di Andalusia pada masa pemerintahan keamiran dan kekhalifahan Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Islam di Andalusia
• Proses masuknya islam ke andalusia
• Perkembangan politik
• Perkembangan peradaban islam pada masa pemerinthan ke amiran dan ke khalifahan
12 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menguraikan dan menjelaskan perkembangan peradaban Islam dalam bidang ilmu pengetahuan dan pembangunan pada masa pemerintahan dinasti Murhabitun dan Muwahiddun Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Islam di Andalusia
• Reconkuesta di Andalusia
• Perkembangan peradaban Islam pada masa murabitun dan muwahidun
• Faktor kemunduruan serta proses keruntuhan Islam di Andalusia
13 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menguraikan kemajuan peradaban Islam pada tiga Dinasti Islam pada masa pemerintahan daulah Abbasiyah Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Tiga dinasti Islam pada masa pemerintahan Daulah Abbasiyah
• Dinasti aglabiyah (latar belakang, perkembangan peradaban Islam dan proses keruntuhan)
• Dinasti fatimiyah (latar belakang berdiri, usaha-usaha para imam dalam memajukan peradaban islam dan proses kemunduran dan keruntuhan)
• Dinasti ayyubiyah (latar belakang bendiri, peperwiraan sultan Shalah Aldin al Ayyubi dalam perang salib)
14 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menguraikan peristiwa perang salib serta dampaknya terhadap kebuyaan Islam dan barat dan peristiwa invansi Mogul serta dampaknya terhadap kebudayaan Islam Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab (WA Gruop) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit
Via WA Gruop
• Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Perang salib dan
Invansi mongol
• Perang salib
a. Factor terejadinya perang salib
b. Periode perang salib dan dampak perang salib
c. Transmisi kebudayaan dan peradaban islam kedunia barat
• Invansi mongol
a. Latar belakang terjadinya peristiwa mongol dan dampak invansi mongol terhadap kebudayaan Islam.
15 • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan Proses 30 %
UTS
30 %
UAS
40 %
Mahasiswa dapat menjelaskan negara-negara yang mayoritas dan minoritas Islam di Asia Tenggara dan menjelaskan proses masuk dan berkembangannya Islam di Asia Tenggara dan Nusantara Inquri
Information search Diskusi-tanya jawab(Zoom) dan penugasan di ecampus
Komfirmasi Dosen
• Membaca Al-Quran
• Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
• Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
• Mengikutidiskusi/tanya jawab secara online.
2x50 menit via Zoom • Pembuatan Resume
• Pembuatan Laporan perkuliahan
• Pembuatan Makalah
• Diskusi/Tanya jawab secara online • Ketepatan dan kesesuaian dalam menjelaskan materi
• Kelengkapan dan isi materi yang disajikan
• Ketepatan menyusun, system penulisan dan menjabarkan materi
• Kesesuaian cara penyampaian dengan pembahasan
Islam di kawasan Asia Tenggara
• Proses masuk Islam ke Asia Tengara
• Wilayah mayoritas dan minoritas Islam di kawasan Asia Tengara
• Bukti peninggalan umat Islam di Nusantara.
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-C, Dosen : PISDONI MARDIANTO, M.Hum, Ruang: FEBI 3.3, Hari: Kamis, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH

Pengunggahan Barusan