Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | AFIFATUL HIDAYAH | |
dc.date.accessioned | 2017-06-08T00:14:38Z | |
dc.date.available | 2017-06-08T00:14:38Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2017-02-16 | |
dc.identifier.isbn | 12104028 | |
dc.identifier.isbn | 12104028 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21700329 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | Masalah dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi yang digunakan siswa dalam memahami teks naratif.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan siswa dalam memahami teks naratif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMPN 1 Batusangkar tahun akademik 2015/2016.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana responden yang diambil sudah ditentukan yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Batusangkar yang mengaplikasikan reading skill dalam memahami teks naratif.Responden penelitian yang berjumlah 30 orang.Sedangkan Instrumen dalam penelitian ini adalah angket terbuka.Selanjutnya, peneliti melakukan analisis data dengan caraseleksi data, pengelompokkan data, analisis dan menerjemahkan data, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa ada 33 strategi membaca yang digunakan oleh siswa dalam memahami teks naratif, yang mana dibagi menjadi 3 tahap, yaitu: strategi sebelum membaca, yang terdiri dari: 1) menyediakan kamus dan note book, 2) memprediksi cerita berdasarkan judul, 3) menentukan tujuan membaca, 4) merencanakan cara-cara yang ada didalam text, 5) mengamati text terlebih dahulu, 6) melihat judul, 7) melihat dan memahami pertanyaan terlebih dahulu.Sedangkan strategi ketika membaca yang diaplikasikan siswa yaitu: 1) mengamati gambar (jika ada), 2) menebak maksud kata berdasarkan gambar (jika ada), 3) menggaris bawahi kata-kata sulit, 4) menebak informasi yang ada di dalam text, 5) menebak dan menghubungkan apa yang sudah diketahui dengan informasi yang ada didalam teks, 6) menebak gagasan utama yang ada di dalam text, 7) membaca bagian-bagian yang ingin dipahami saja, 8) mengelompokkan ide pokok setiap paragraph, 9) membaca dalam hati, 10) membaca sekilas, 11) menebak maksud kata sesuai konteks (gambar,grafik,situasi), 12) mengelompokkan tempat, tokoh, dan waktu dari cerita terlebih dahulu, 13) membedakan ide pokok dan kalimat pendukung, 14) memberi code pada text yang sudah dipahami, 15) membaca secara berulang-ulang.Dan strategi setelah membaca yang diaplikasikan siswa yaitu: 1) mengecek apakah prediksi/tebakan sesuai dengan apa yang telah dibaca, 2) menuliskan informasi yang didapatkan dari text, 3) mengelompokkan generic structure dari text, 4) mengecek apakah tujuan membaca sudah terpenuhi, 5) membuat gambaran dari cerita, 6) menjawab pertanyaan terkait dengan bacaan, 7) mendiskusikan bagian yang tidak mengerti dengan teman, 8) menceritakan kembali cerita yang terkait dengan bacaan dengan teman, 9) membuat kesimpulan tiap bagian yang sudah dibaca, 10) bertanya kepada guru, 11)mengelompokkan tempat, orang, dan waktu dari cerita. Dari semua strategi tersebut, strategi membaca teks berulang-ulang kali dan menyediakan kamus dan notebookyang lebih dominan digunakan oleh siswa dalam memahami teks naratif kelas VIII SMPN 1 Batusangkar tahun akademik 2015/2016. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Bahasa Inggris | |
dc.title | READING STRATEGIES APPLIED BY STUDENTS IN COMPREHENDING NARRATIVE TEXT (A Study of the Eighth Grade Students of SMPN 1 Batusangkar Registered in 2015/2016 Academic Year) | |
dc.type | Skripsi |
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |