Publikasi IAIN Batusangkar

EBI304-Kewirausahaan (2 SKS) 5 18-MI-A RIO DARMA, S.E., M.M.Pub SYA.9, Kamis, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

EBI304-Kewirausahaan (2 SKS) 5 18-MI-A RIO DARMA, S.E., M.M.Pub SYA.9, Kamis, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan MANAJEMEN INFORMATIKA
Kode Matakuliah EBI304
Nama Matakuliah Kewirausahaan
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan RIO DARMA, S.E., M.M.Pub
Peserta Perkuliahan 1850401001 - AFDAL,
1850401002 - AFDAL OZON,
1850401003 - AGUNG RIVALDO,
1850401004 - ANITA INDAH NOFRIANTI,
1850401006 - ARIF JUNIOR,
1850401008 - AVHIYO NENGGALA,
1850401009 - BENNY EKA PUTRA,
1850401010 - CRISDION MAULANA,
1850401012 - DILAN SANJAYA,
1850401013 - DONI SAPUTRA,
1850401014 - EKO PRASETYO,
1850401015 - ELFIRA OKTARINA,
1850401016 - ERNA WATI,
1850401017 - FADEL MUHAMMAD,
1850401018 - FADHLI,
1850401019 - FENTIA AGUSTIN,
1850401022 - HERU NURDI,
1850401023 - IDIL FITRI YANI

2. Deskripsi Pembelajaran

Kewirausahaan merupakan matakuliah yang mengajarkan tentang bagaimana:

1. Mengoptimalkan kemampuan, dengan cara menumbuhkan semangat kerja, berpikir positif
2. Dapat/mampu melihat dan mencari peluang, baik itu peluang untuk menciptakan ide – ide baru dalam produk, pasar, proses maupun teknik.
3. Dapat membuat rencana bisnis
4. Mampu menjalankan ide yang telah dicetuskan dalam rencana bisnis
5. Berani menghadapi resiko.

CAKUPAN MATAKULIAH INI:

Bagian pertama, menjelaskan pada mahasiswa, bahwa semua orang mempunyai cita-cita, impian agar kualitas kehidupannya masa yang akan datang lebih baik, intuisi ini akan mendorong mereka untuk bekerja dan berusaha lebih baik, oleh karena itu dia harus mampu mengoptimalkan dirinya agar dapat berubah sehingga tujuannya bisa tercapai. Dalam bagian pertama akan dijelaskan
1. Dasar-dasar kewirausahaan
Untuk menjelaskan dasar kewirausahaan diberikan penjelasan kepada mahasiswa manfaat menjadi seorang wirausaha, baik dari segi mikro maupun makro, kemudian mengajak dia berfikir kreatif dengan mulai menjalankan pemikiran yang berubah dari yang biasanya mereka jalankan dan mengajak mahasiswa melakukan tindakan
2. Manajemen Usaha
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang: resiko yang mungkin muncul dalam suatu usaha bagaimana mengelola usaha dan perlunya memperhatikan etika dalam berusaha

3. Menciptakan Kreatifitas

Menjelaskan tentang menciptakan atau mencari ide-ide usaha, memasarkan ide ( produk, proses, pasar, sistim) usaha, mengatur keuangan dan pembiayaan usaha
Bagian kedua, menuntun mahasiswa untuk dapat menuangkan idenya dalam

1. Rencana bisnis (bisnis plan ). Bisnis plan disusun dengan dasar mengetahui lebih dahulu Visi dan Misi dari bisnis tersebut agar dapat mendisain model bisnis yang kompetitif dan dapat membangun rencana strategi

Bagian ketiga

Menyusun rencana bisnis dengan mempertimbangkan keuangan dan pemasaran

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mampu berinovasi dalam studi kasus nyata
2. Mahasiswa mampu membuat business plan.
3. Mahasiswa mampu berkonstribusi sesuai bidangnya
4. Mahasiswa mampu bekerjasama antar berbeda bidang
5. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek pasar

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ketepatan dalam memberikan penjelasan tentang:
Konsep – Konsep Dasar kewirausahaan
Menguraikan tentang pengertian, tujuan dan Fungsi Kewirausahaan
Pembahasan tentang a. Mengelola waktu belajar sesuai lingkup dan tugas-tugas dalam perkuliahan selama satu semester, Kontrak Kuliah dan Penjelasan RPS
b. Mahasiswa Mampu menjabarkan tujuan dan fungsi dari perkuliahan
diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Kontrak Kuliah dan Penjelasan silabus
2. Konsep – Konsep Dasar
3. Pengantar
4. Gambaran umum perkuliahan
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: EBI304-Kewirausahaan (2 SKS), Semester: 5 18-MI-A, Dosen : RIO DARMA, S.E., M.M.Pub, Ruang: SYA.9, Hari: Kamis, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA

Pengunggahan Barusan