Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | AKUNTANSI SYARIAH |
Kode Matakuliah | EBI201 |
Nama Matakuliah | Pengantar Akuntansi I |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | SRI ADELLA FITRI, S.E. M.Si. |
Peserta Perkuliahan | 1730403001 - ADHIL JANNAH, 1930403019 - CICA TRISONYA TAELAGAT, 2030403075 - RAHMAT IHSAN NAFION, 2030403076 - RAHMATUL FITRI, 2030403077 - RATNAWATI, 2030403078 - RAYHAN RAHMA SARI, 2030403079 - REKI RAHMAD HIDAYAT, 2030403080 - REREN MONICA, 2030403081 - RETNO AMALIA ANNISA, 2030403082 - REYHANA AZ ZAHRA, 2030403083 - REZA DWI HAZIZAH PURBA, 2030403084 - REZI, 2030403085 - RINA PUSPITA SARI, 2030403086 - RINTO ARIADI, 2030403087 - RIZKY AMINI NUR, 2030403088 - SAFITRI WULANDARI, 2030403089 - SEPTIA MURNI, 2030403090 - SILVANI ASRINA PUTRI, 2030403091 - SINTA KOMALA DEWI, 2030403092 - SITI AISYAH, 2030403093 - SRI WAHYUNII, 2030403094 - SUCI NURFALAH, 2030403095 - SUCI RAHMA FITRI, 2030403096 - SYAFRIYAN, 2030403097 - SYALSABILLA, 2030403098 - TEDI AMRIA, 2030403099 - TIFANNY CHATARINE PUTRI, 2030403100 - ULFA MARTADILLA, 2030403101 - VIVI SYAFRIYENI, 2030403102 - VONI ANDESKA, 2030403103 - VONYDIA HERMAN, 2030403104 - WIDIA ARIANI, 2030403105 - WITA AMELIA, 2030403106 - WITRANESIA HADISTAPURI, 2030403107 - YAYA RAHIMI PUTRI, 2030403108 - YULIA PUTRI, 2030403109 - YULIA ZULFINA, 2030403110 - YULITA ADILAH, 2030403111 - BAYU IKHSAN ALFIKRI |
Pengantar AKuntansi menggambarkan prinsip-prinsip dasar akuntansi dan menjelaskan laporan keuangan perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur
Mahasiswa mampu menyusun laporan keuangan perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memahami RPS selama 1 semester ke depan | Pembahasan tentang RPS dan sistem perkuliahan | Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Menjelaskan rps |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan definisi akuntansi sampai ke persamaan akuntansi | Pembahasan tentang Konsep Dasar Akuntansi dan Persamaan Akuntansi | E campus | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep Dasar dan Persamaan Akuntansi |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang proses pencatatan transaksi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang proses pencatatan transaksi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Ayat jurnal Penyesuaian (Adjusting entries) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang penyelesaian siklus akuntansi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: EBI201-Pengantar Akuntansi I (3 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-C, Dosen : SRI ADELLA FITRI, S.E. M.Si., Ruang: FEBI 3.8, Hari: Kamis, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar