Publikasi IAIN Batusangkar

ASY508-Sistem Pengendalian Interen* (2 SKS) 5 18-AKSYA-A ELSA FITRI AMRAN, SE, MM, M.Si SYA.13, Kamis, 13.15 s.d 14.55 2020/2021

ASY508-Sistem Pengendalian Interen* (2 SKS) 5 18-AKSYA-A ELSA FITRI AMRAN, SE, MM, M.Si SYA.13, Kamis, 13.15 s.d 14.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan AKUNTANSI SYARIAH
Kode Matakuliah ASY508
Nama Matakuliah Sistem Pengendalian Interen*
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan ELSA FITRI AMRAN, SE, MM, M.Si
Peserta Perkuliahan 15301210036 - FAUZAN UMAROH,
1730403081 - REO BARDO,
1730403105 - WIDYA ASTUTI,
1830403001 - AGNES WIGUNA,
1830403003 - ALYA INNASYA PUTERI,
1830403005 - ANICA AFDILAH,
1830403006 - ANISA NURHAKIMAH,
1830403009 - ARIF MUKHTAR SUSANTO,
1830403011 - ATIKA MAYANGSARI YOZU,
1830403013 - BUNGA CINTIA DEWI,
1830403015 - CAHAYA ANDIKA PUTRI,
1830403016 - CITRA ELMIZA ARIYANI,
1830403017 - DEENA SAWIYYA,
1830403018 - DELA OKTAVIANI ZEGA,
1830403019 - DIAH RAHMA INSANI,
1830403020 - DIANA SAFITRI,
1830403021 - DILA MAWAR PUTRI,
1830403024 - DWI WAHYUNI,
1830403026 - EGA APRIYOLI PUTRI,
1830403027 - EGA INDINI NURINDAH,
1830403028 - ELA FEBRIANTI,
1830403029 - ENDAH DWI DARMA PUTRI,
1830403030 - FADILLA FAUZIA,
1830403031 - FATIA RAHMI AISYAH,
1830403032 - FEBRI SUCI SURYANI,
1830403034 - FITRI RAMADHANI,
1830403035 - FITRI YENNI,
1830403038 - HAMIDI RAMADHANA,
1830403040 - HANIVA ABDILLA,
1830403042 - HIDAYATUL FIKRI,
1830403044 - ICA PUSPITA,
1830403057 - MAYANG ANIZAR

2. Deskripsi Pembelajaran

Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menjelaskan konsep-konsep dasar sistem pengendalian intern; mampu menganalisis data informasi untuk pengambilan keputusan bagi manajemen dan stakeholders; mampu menganalisis suatu permasalahan dalam organisasi untuk menghindari terjadinya kegagalan yang akan dialami perusahaan.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai materi yang akan diberikan untuk semester ganjil 2020/2021

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar sistem pengendalian intern Pendahuluan
a. Kontrak Pembelajaran
b. Materi Pembelajaran (Silabus)
c. Brainstorming (SPI)
d. Membagi tugas mandiri dirumah
Daring melalui Zoom dan WAG Membaca, Mempelajari Video, mengemukakan pendapat di forum, Menarik kesimpulan 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan sistem pengendalian intern secara umum
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Sistem Pengendalian Intern, tujuannya, kategori dan levelnya Pengenalan Sistem Pengendalian Intern
a. Definisi sistem pengendalian internal
b. Tujuan Pengendalian Intern
c. Kategori pengendalian intern
d. Level Pengendalian Intern
Daring melalui WAG, ecampus, youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 1. Mahasiswa bisa menjelaskan klasifikasi pengendalian intern menurut tujuannya
2. Mahasiswa bisa menjelaskan klasifikasi pengendalian intern menurut waktu pelaksanannya
3. Mahasiswa bisa menjelaskan klasifikasi pengendalian intern menurutobyek yang dikendalikan
4. Mahasiswa bisa menjelaskan klasifikasi pengendalian intern menurut tempat implementasi dalam siklus pengolahan data
Pembahasan tentang Klasifikasi Pengendalian Interen:
a. Menurut Tujuannya : pengendalian preventif, pengendalian detektif, pengendalian korektif
b. Menurut waktu pelaksanaannya : feedback control, feedforward control
c. Menurut obyek yang dikendalikan : general control, application control
d. Menurut tempat implementasi dalam siklus pengolahan data : pengawasan input, pengawasan proses, pengawasan output
Daring melalui WAG, ecampus, youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Kehadiran di absensi
2. Ketepatan menjawab soal Post Test
3. Kesesuaian pendapat di forum dengan bahan kajian/materi pembelajaran
4. Keunikan pendapat di forum dalam katannya dengan pengembangan pengetahuan
5. Etika menyampaikan pendapat di forum
4 1. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor Komitmen kepada integritas dan nilai etika untuk sebuah lingkungan pengendalian
2. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor Filosofi dan gaya operasi manajemen untuk sebuah lingkungan pengendalian
3. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor Struktur Organisasi untuk sebuah lingkungan pengendalian
4. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor komite audit untuk sebuah lingkungan pengendalian
5. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor komite audit untuk sebuah lingkungan pengendalian
6. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor Metoda penetapan wewenang dan tanggung jawab untuk sebuah lingkungan pengendalian
7. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor Praktik dan Kebijakan tentang SDM untuk sebuah lingkungan pengendalian
8. Mahasiswa bisa menjelaskan faktor Pengaruh Eksternal untuk sebuah lingkungan pengendalian
Pembahasan tentang Lingkungan Pengendalian Daring melalui WAG, ecampus, youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Kehadiran di absensi
2. Ketepatan menjawab soal Post Test
3. Kesesuaian pendapat di forum dengan bahan kajian/materi pembelajaran
4. Keunikan pendapat di forum dalam katannya dengan pengembangan pengetahuan
5. Etika menyampaikan pendapat di forum
5 1. Mahasiswa bisa menjelaskan kelompok aktivitas pengendalian : Otorisasi yang tepat terhadap aktivitas dan transaksi
2. Mahasiswa bisa menjelaskan kelompok atktivitas pengendalian : pemisahan tugas
3. Mahasiswa bisa menjelaskan kelompok atktivitas pengendalian : perancangan dan penggunaan dokumen dan catatan yang memadai
4. Mahasiswa bisa menjelaskan kelompok atktivitas pengendalian : perlindungan yang memadai terhadap akses dan penggunaan asset dan catatan
5. Mahasiswa bisa menjelaskan kelompok atktivitas pengendalian : pengecekan independen terhadap kinerja
Aktivitas Pengendalian Daring melalui WAG, ecampus, youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Kehadiran di absensi
2. Ketepatan menjawab soal Post Test
3. Kesesuaian pendapat di forum dengan bahan kajian/materi pembelajaran
4. Keunikan pendapat di forum dalam katannya dengan pengembangan pengetahuan
5. Etika menyampaikan pendapat di forum
6 1. Mahasiswa bisa menjelaskan definisi risiko
2. Mahasiswa bisa menjelaskan pengurukan risiko dan langkah-langkah perancangan pengendalian interen
Pembahasan tentang Risiko dan Pengukuran Risiko Daring melalui WAG, ecampus, youtube Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Kehadiran di absensi
2. Ketepatan menjawab soal Post Test
3. Kesesuaian pendapat di forum dengan bahan kajian/materi pembelajaran
4. Keunikan pendapat di forum dalam katannya dengan pengembangan pengetahuan
5. Etika menyampaikan pendapat di forum
7 1. Mahasiswa bisa memahami dan menjelaskan Sistem Pengendalian Intern
2. Mahasiswa bisa memahami dan menjelaskan COBIT Framework dan COSO Framework
3. Mahasiswa bisa memahami dan menjelaskan Klasifikasi Pengendalian Intern
4. Mahasiswa bisa memahami dan menjelaskan Lingkungan Pengendalian
5. Mahasiswa bisa memahami dan menjelaskan Aktivitas Pengendalian
6. Mahasiswa bisa memahami dan menjelaskan Risiko dan Pengukuran Risiko
Reviu Materi UTS Daring melalui WAG, ecampus, zoom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Kehadiran di absensi
2. Ketepatan menjawab soal quiz
3. Kesesuaian pendapat di forum dengan bahan kajian/materi pembelajaran
4. Keunikan pendapat di forum dalam katannya dengan pengembangan pengetahuan
5. Etika menyampaikan pendapat di forum

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: ASY508-Sistem Pengendalian Interen* (2 SKS), Semester: 5 18-AKSYA-A, Dosen : ELSA FITRI AMRAN, SE, MM, M.Si, Ruang: SYA.13, Hari: Kamis, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH

Pengunggahan Barusan