Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | INF302 |
Nama Matakuliah | Bahasa Pemrograman |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | KHAIRUNNISA, M. KOM |
Peserta Perkuliahan | 1950401045 - MUHAMMAD REYHAN FAHREZA, 1950401046 - NURUL HIDAYATI, 1950401047 - PONDRA, 1950401048 - RADIKA HIDAYAT, 1950401049 - RAHMAD HIDAYAT, 1950401050 - RAHMAD WIDODO, 1950401051 - RAJES RIZALDI, 1950401052 - REQSHA YANELDA PUTRI, 1950401053 - RESKI ELVARES, 1950401054 - REZA AMELIA, 1950401055 - REZKY YULIARMENRI PUTRA, 1950401056 - RHOMA DHANI, 1950401058 - TAHRIM MULYA AKBAR BUSRA, 1950401059 - TARI MELDALISA, 1950401060 - VIRA SASRA, 1950401062 - YOGI SYAPUTRA, 1950401063 - YUDHI FERNANDES, 1950401064 - YUNAIDI, 1950401065 - ZULHANIF, 2050401035 - FADLILLAH |
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dalam membangun sistem aplikasi menggunakan java netbeans melalui pemahaman akan konsep dari pemrograman java
Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai konsep dasar pemrograman java dan komponen pembentuk pemrograman java
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java | Pembahasan tentang pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans | Pembahasan tentang dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tahapan perancangan program Java | Pembahasan tentang tahapan perancangan program Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data | Pembahasan tentang Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Variabel dan Operator | Pembahasan tentang Variabel dan Operator | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Percabangan, Perulangan dan Array | Pembahasan tentang Percabangan, Perulangan dan Array | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tahapan perancangan program Java | Pembahasan tentang tahapan perancangan program Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penggunaan Database pada pemrograman Java | Pembahasan tentang Penggunaan Database pada pemrograman Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java | Pembahasan tentang perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java | Pembahasan tentang perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Java Report | Pembahasan tentang Java Report | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan membangun sebuah aplikasi yang terstruktur menggunakan Java | Pembahasan tentang membangun sebuah aplikasi yang terstruktur menggunakan Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: INF302-Bahasa Pemrograman (3 SKS), Semester: 3 19-MI-C, Dosen : KHAIRUNNISA, M. KOM, Ruang: LABOR KOMPUTER FEBI 3, Hari: Sabtu, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar