Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | AKUNTANSI SYARIAH |
Kode Matakuliah | ASY309 |
Nama Matakuliah | Akuntansi Zakat |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | ASRIDA, S.E,Sy.M.E |
Peserta Perkuliahan | 1730403080 - REGINA MARTA DEYU, 1930403036 - FITRI HAYANI, 1930403038 - FITRI NINGSI, 1930403039 - FUJI, 1930403040 - GINA PUTRI, 1930403041 - HALIFA HUSNAH, 1930403043 - INDAH PUSPITA SARI, 1930403044 - INDAH ZULNITA, 1930403045 - INTAN ASMAUL HUSNA, 1930403046 - ISMUL KHAIRIAH, 1930403047 - IVON MAILANI ARON, 1930403053 - KINTAN SORAYA, 1930403054 - LAILATUL JANNA, 1930403055 - LATIVA MUTI'AH, 1930403059 - MAIREFDA, 1930403060 - MAITA ELFI DWIANA, 1930403061 - MEISYI AMELIA PUTRI, 1930403062 - MOCHAMMAD AL FADHIL, 1930403065 - MUTIA NISWATUL KHAIRANI, 1930403066 - MUTIARA IRVI YOLANDA, 1930403068 - NABILLA ZULVIANTY, 1930403069 - NELLISA FEBRIANI, 1930403071 - NOLA FRISKA DEWI, 1930403072 - NUR AZIZAH, 1930403073 - OKTAFIA |
Mata ajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang akuntansi zakat. Materi yang akan dibahas meliputi dasar-dasar hukum zakat dan akuntansi zakat, akuntansi zakat (harta tunai, perdagangan, industri, konstruksi, pertanian, peternakan, rikaz, al-mustaghalat dan profesi), perlakuan akuntansi zakat serta wakaf.
1. Memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang penghitungan zakat kontemporer
2. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara perlakuan akuntansi zakat.
3. Memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang akuntansi wakaf
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan RPS dan kontrak kuliah | Pembahasan tentang RPS dan kontrak kuliah | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Group WA, Zoom Cloud Meeting, dan Google Clasroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal secara online | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: ASY309-Akuntansi Zakat (2 SKS), Semester: 3 19-AKSYA-B, Dosen : ASRIDA, S.E,Sy.M.E, Ruang: FEBI 1.3, Hari: Sabtu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar