Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | INF302 |
Nama Matakuliah | Bahasa Pemrograman |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | KHAIRUNNISA, M. KOM |
Peserta Perkuliahan | 1650401014 - AMBRI AKBAR, 1950401023 - HABIB KURNIA, 1950401024 - HABIL KURNIAWAN, 1950401025 - HIDAYATI, 1950401026 - HUSNA AULIA PUTRI, 1950401027 - HUSNUL FIKRI, 1950401028 - IMELDA EKA SAPUTRI, 1950401029 - INA KHAIRUNNISA RAUDAH, 1950401030 - KAMAL GAURAF, 1950401031 - KEMAL NASSER ARRABBANI, 1950401032 - M ARIES MURTI, 1950401033 - MHD. IQBAL, 1950401034 - MIFTAHHUL RAHMI, 1950401035 - MIFTAHUL KHAIRA, 1950401036 - MONIKA INDRIANI, 1950401037 - MUHAMMAD ANDY AMINULLAH, 1950401038 - MUHAMMAD ARHI LUTHFI, 1950401039 - MUHAMMAD FANI QOSIM, 1950401040 - MUHAMMAD FARHAN RAZZAQ, 1950401041 - MUHAMMAD IKHSAN, 1950401042 - MUHAMMAD IQBAL, 1950401043 - MUHAMMAD MORI YANTHES |
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dalam membangun sistem aplikasi java melalui pemahaman akan konsep dari sub-sistem penyusun pemrograman java
Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai konsep dasar aplikasi java dan komponen pembentuk sistem pemrograman java
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java | Pembahasan tentang pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan dasar-dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans | Pembahasan tentang dasar-dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tahapan perancangan program Java | Pembahasan tentang tahapan perancangan program Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data | Pembahasan tentang Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Variabel dan Operator | Pembahasan tentang Variabel dan Operator | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Percabangan, Perulangan dan Array | Pembahasan tentang Percabangan, Perulangan dan Array | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tahapan perancangan program Java | Pembahasan tentang tahapan perancangan program Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penggunaan Database pada pemrograman Java | Pembahasan tentang Penggunaan Database pada pemrograman Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java | Pembahasan tentang perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java | Pembahasan tentang perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Java Report | Pembahasan tentang Java Report | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan membangun sebuah aplikasi yang terstruktur menggunakan Java | Pembahasan tentang membangun sebuah aplikasi yang terstruktur menggunakan Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: INF302-Bahasa Pemrograman (3 SKS), Semester: 3 19-MI-B, Dosen : KHAIRUNNISA, M. KOM, Ruang: LABOR KOMPUTER FEBI 3, Hari: Sabtu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar