Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS104 |
Nama Matakuliah | Kimia Dasar |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | KUNTUM KHAIRA, M.SI. |
Peserta Perkuliahan | 1730107015 - RAHMAT HIDAYATULLAH, 2030107001 - AMARUL FATTHA, 2030107002 - ARIESYA ANANDA PUTRI, 2030107003 - ASYIFA WIRAS WANDI, 2030107004 - FITRIA HANDAYANI, 2030107005 - GIVA FADILAH RAHMA, 2030107006 - JIHAN AZIZAH ANANDA, 2030107007 - JIHAN FADHILA, 2030107008 - LAILATUZ ZAHRA, 2030107009 - LILIS NUR INDAH SARI, 2030107010 - MELLA KARLINA, 2030107011 - MUTAZA ALATIFA, 2030107012 - NADIRAH ZILDA EFFENDI, 2030107013 - NURAINUN FADHILLAH LUBIS, 2030107014 - PUTRI NADA SARI, 2030107015 - RENNA AZMAR, 2030107016 - SELVI DWI ARNIS, 2030107017 - SILVI RAHMIATI, 2030107018 - VIVIEY ISNAIN NISYAK, 2030107019 - YOGA AZIZUL HAKIM, 2030107020 - YUPITA PUTRI |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan makromolekul penyususn organisme hidup serta menganalisis manfaat dan peran masing-masing biomolekul dalam sistem oragnisme hidup
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar ilmu kimia, peran dan manfaatnya dalam kehidupan | Pembahasan tentang pendahuluan dan learning contract | diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3x50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep-konsep dasar ilmu kimia, peran dan manfaatnya dalam kehidupan | Learning Contract RPS |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, sifat, perubahan, klasifikasi dan pemisahan campuran | Pembahasan tentang hakikat materi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | definisi materi sifat materi perubahan materi klasifikasi materi pemisahan campuran |
|
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pengukuran materi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Atruktur atom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentanglanjutan struktur atom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang SPU | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS104-Kimia Dasar (3 SKS), Semester: 1 20-TFIS-A, Dosen : KUNTUM KHAIRA, M.SI., Ruang: GH.2.5, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar