Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT302 |
Nama Matakuliah | Geometri Bidang dan Ruang |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Ummul Huda, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1630105058 - YOFI YULINDRA, 1830105050 - RIYANDA FEBRIANTO, 1930105014 - DERLIA MISNA, 1930105027 - IMMALATUL NIL KHAIRA, 1930105029 - LATHIFA TIFFANI, 1930105030 - M. ADIB HIBATULLAH, 1930105031 - M.BINTANG CHANIAGO, 1930105032 - MELA ROSA ANGGOLA, 1930105033 - MUTIA ATIQAH, 1930105034 - MUTIA DESWANTI, 1930105035 - NADIA MARHENDRA PUTRI, 1930105036 - NAJMI HABTULLAH, 1930105037 - NURMELI WAHYUNI, 1930105039 - QURRATA A'YUNIN, 1930105040 - RAHMA TIKA AINI, 1930105041 - RAHMI SEPTIANI, 1930105042 - RAHYU PUTRI ANDRYANI, 1930105043 - RAMDANI, 1930105045 - RERI DELVIANA, 1930105046 - RIGINA PUTRI, 1930105047 - RIZKY PUTRI AMELIA, 1930105048 - SHINTA LESTARI BORU LUBIS, 1930105049 - SRI DIANA, 1930105051 - WILADAHTUL FITRI, 1930105052 - YOLANDA PUTRI |
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kerangka pemikiran teoritis terkait dengan bangun-bangun geometri dalam proses pembelajaran matematika. Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui tes maupun nontes.
1. Mahasiswa terampil melukis bangun datar dan ruang dan memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran matematika
2. Mahasiswa terampil menghitung luas bangun datar dan volume bangun ruang dengan teliti dalam memecahkan masalah matematika, serta
3. Mahasiswa terampil menggambar irisan bidang dengan bangun ruang dengan teliti
4. Mahasiswa terampil mengembangkan kemampuan matematis, berpikir matematis tingkat tinggi, dan sikap positif terhadap matematika
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan gambaran perkuliahan dan kontrak kuliah | RPS, kontrak kuliah | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, macam-macam dan hubungan titik, garis dan sudut | Titik, garis dan sudut | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jenis, keliling dan luas segitiga | Segitiga dan dalil pythagoras | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah melukis bangun dasar geometri dan segitiga | Lukisan dasar dan segitiga | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan lukisan, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jenis, keliling dan luas segi empat | Jajar genjang, persegi panjang, persegi, layang-layang, trapesium, belah ketupat | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jenis, keliling dan luas segi empat | Lingkaran | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah melukis bangun datar segi empat | Melukis segi empat | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan lukisan, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan penggunaan dalil dan menyelesaikan soal-soalnya | Dalil Menelaos dan De Ceva | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
9 | Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UTS | UTS | Mengerjakan soal UTS | Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjawab soal | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, unsur, cara menggambar dan jaring-jaring bangun | Kubus, balok, romboider dan paralel epipedum | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan luas dan volume bangun | Luas dan volume kubus, balok, romboider dan paralel epipedum | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jaring-jaring, luas permukaan dan volume bangun | Prisma dan limas | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jaring-jaring, luas permukaan dan volume prisma dan limas terpancung | Prisma dan limas terpancung | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, unsur, cara menggambar dan jaring-jaring, luas permukaan dan hubungan volume bangun | Tabung, kerucut dan bola | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan cara menggambar dan jaring-jaring, luas permukaan dan volume bangun | Irisan tabung dan kerucut | Blended learning | Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes | 3 x 50 menit | Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
16 | Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UAS | UAS | Mengerjakan soal UAS | Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjawab soal | Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT302-Geometri Bidang dan Ruang (3 SKS), Semester: 3 19-TMM-B, Dosen : Ummul Huda, M.Pd., Ruang: Ex. Lab Bank Mini, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar