Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | TIK106 |
Nama Matakuliah | Hadits Tarbawi |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | INONG SATRIADI, S.AG., MA. |
Peserta Perkuliahan | 1730103077 - ZUL ADLY, 1830103055 - RINI ANDRIANI, 1830103056 - RIZKI NAMI, 1830103057 - ROSI WAHYUNI, 1830103058 - SARTIKA DEWI, 1830103059 - SEPTI YARMI YATI, 1830103061 - SRI AISYAH AMINI, 1830103062 - SRI WAHYUNI, 1830103063 - SUCI RAMADHANI, 1830103064 - TAFTIKHUL UMMU SA'ADAH, 1830103065 - TANIA OKTAVIA, 1830103066 - VELIA DWI WULANDARI, 1830103067 - VINA ANGGELIA, 1830103068 - WAHYUNI, 1830103069 - WILSASNI, 1830103070 - WINA APRIMA, 1830103071 - WINDI IRMADIANTI, 1830103072 - WULAN PUTRI, 1830103073 - YOGA MAULANA, 1830103074 - YOLLA ENVA DILLA, 1830103075 - YOSALIA DEFIRA, 1830103076 - YOSI LINDA, 1830103077 - YOSI UTARI, 1830103079 - YULIA SRI WAHYUNI, 1830103080 - ZAIDAN HILMI, 1830103081 - ZAINUL MALIKI |
Mahasiswa mempresentasikan makalah yang dibuat oleh masing-masing kelompok, mendiskusikannya, menela’ah buku teks yang berkaitan dengan materi, merangkumnya dan menyimpulkan hasil diskusi, serta mendengarkan penjelasan dosen pengampu mata kuliah dan menyimpulkannya.
Mata Kuliah Hadis Tarbawi MPI bertujuan untuk mengetahui, memahami dan dapat menjelaskan Hadits-hadits Rasulullah yang berkaitan dengan Manajemen khususnya manajemen tentang lembaga pendidikan dan komponen-komponen yang terkait dengannya. Mahasiswa diharapkan memiliki sikap apresiatif terhadapnya, mampu menela’ah dan mendalami berbagai persoalan yang terdapat di dalamnya serta menjadikannya sebagai hujjah dalam berpendapat dan beramal serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pengantar perkuliahan dan hadis tentang kewajiban belajar | Ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang hadis-hadis tentang Tujuan Pendidikan Islam | Presentasi dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang hadis-hadis tentang Pendidik | Prensentasi dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK106-Hadits Tarbawi (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-C, Dosen : INONG SATRIADI, S.AG., MA., Ruang: Lokal KII.2, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar