Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT313 |
Nama Matakuliah | Pengantar Operasi Riset* |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | IKA METIZA MARIS, M.SI. |
Peserta Perkuliahan | 15300500026 - IRMA YETTI, 1730105002 - AHMAD RIDWAN, 1730105006 - ASIA HURIYA, 1730105014 - FAUZIAH AZMI, 1730105019 - GITA ALMA DWIANA, 1730105022 - INTAN HERDIANA, 1730105023 - JUSAFRIA YALMI, 1730105028 - MIFTAHUL JANNAH, 1730105034 - NIA PITRIA, 1730105039 - NURUL FAUZIAH FITRI, 1730105043 - RAHMAD GUSNUR FAJRI, 1730105044 - RAHMATUL HIDAYAH, 1730105048 - SERVIA RAHMA DONA, 1730105050 - TIARA TIZA AZAHRA, 1730105054 - WINDRI, 1730105056 - YORI FADILA, 1830105001 - ALDA ALDELINA, 1830105002 - ANDRE ELVIS YANTO, 1830105004 - ARYA SENA SATYA NEGARA, 1830105006 - ASYIFA NURUL AQSHA, 1830105007 - AULIA FITRI ZETIA, 1830105008 - AULIA YUNITA, 1830105010 - DEBI HERNIATI, 1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI, 1830105016 - FARADILLA HAFIZHAH, 1830105018 - FELINA NABILA UMAIROH, 1830105020 - GINA DAYANA, 1830105024 - HIKMATHUN NAZILA, 1830105025 - HIZATUN NABILA, 1830105029 - KHODIZAH, 1830105030 - LAILATUL RAMADANI, 1830105031 - MAILINA PUTRI, 1830105033 - MELIANI WIDYA AUFAH, 1830105034 - MONA YULIVIA PUTRI, 1830105035 - MONICA FEBRIANTI, 1830105037 - MUHAMMAD RIFKI, 1830105039 - NATASYA, 1830105041 - NOFITA FIRGAYANTI, 1830105042 - NOVITA SARI, 1830105044 - NURHAYATI, 1830105045 - PUTRI LUFITA SARI, 1830105046 - RAMADHANI PUTRI, 1830105047 - RANI MEILIA PUTRI, 1830105049 - RIFI NOVIANI, 1830105052 - SARI AGUSTINA, 1830105053 - SARIFAH AINI, 1830105054 - SITI ZAHARA, 1830105055 - SUCI INDAH SARI, 1830105057 - TIARA DEWINA, 1830105062 - WARNI RAHMADHANI, 1830105063 - WENI NOVITA SARI, 1830105064 - YOGA OKTAVIANTO, 1830105065 - YUNIA SARTIKA, 1830105067 - ZANI RAHMAWATI, 1830105069 - ZULHIARSI GUSNEFI, 1830105070 - ZURYATI |
Dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan modus gabungan tatap muka dan daring (online), mahasiswa mampu mengenal dan menguasai tahap-tahap operasi riset, program linier metode grafik, metode simplek, dualitas dan analisis semsitivitas, metode transportasi, model penugasan menggunakan metode hungarian, analisis network, teori permainan dan teori antrian.
Perkuliahan tata muka akan menjadi media utama dan media daring (on line) dengan memanfaatkan e-campus digunakan atas dasar kebutuhan . Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui baik tes maupun nontes
a. Mampu memahami dasar-dasar pemecahan masalah pada operasi riset.
b. Mampu memetakan masalah dan menentukan model dan metode pemecahan masalah yang paling optimal dalam rangka pengambilan keputusan yang tepat.
c. Soft skills/Karakter: Memiliki etos kerja, empati, tanggung jawab, percaya diri, dan rasa bangga sebagai calon guru matematika
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pendahuluan Operasi Riset | Pembahasan tentang Operasi Riset | Ekspositori | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tahap-tahap operasi riset | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Bentuk Umum Program linier b. Metode Grafik c. Metode Simplek d. Penyimpangan-penyimpangan pada bentuk standar metode simpleks; |
Pembahasan tentang Program Linier | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang program linier | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Bentuk Umum Program linier b. Metode Grafik c. Metode Simplek d. Penyimpangan-penyimpangan pada bentuk standar metode simpleks; |
Pembahasan tentang Program Linier | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang program linier | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Definisi dan Pemecahan Masalah Dualitas b. Analisis Sensitivitas (Kaidah Pengujian Tabel optimal dan perubahan yang terjadi Setelah penyelesaian optimal) |
Pembahasan tentang dualitas dan analisis sensitivita | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dualitas dan analisis sensitivita | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Metode Stepping Stone b. Metode MODI c. Metode VOGEL |
Pembahasan tentang metode transportasi | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan metode transportasi | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Metode Stepping Stone b. Metode MODI c. Metode VOGEL |
Pembahasan tentang metode transportasi | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan metode transportasi | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Masalah Minimisasi b. Masalah Maksimalisasi c. Masalah Khusus : Jumlah Objek tidak sama dengan jumlah tugas |
Pembahasan tentang Model Penugasan dengan Metode Hungarian | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Model Penugasan dengan Metode Hungarian | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Definisi dan manfaat b. Kasus Penentuan Rute Terdekat |
Pembahasan tentang Analisis Jaringan | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan a. Definisi dan manfaat b. Kasus Penentuan Rute Terdekat |
|
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan c. Kasus Arus Maksimum d. Kasus Rentang Pohon Minimum |
Pembahasan tentang Analisis Jaringan | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Kasus Arus Maksimum dan Kasus Rentang Pohon Minimum | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan e. Model Jaringan PERT |
Pembahasan tentang Analisis Jaringan | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Model Jaringan PERT | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan f. Model Jaringan CPM |
Pembahasan tentang Analisis Jaringan | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Model Jaringan CPM | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Definisi dan unsur-unsur Dasar teori permainan. b. Permainan dua pemain jumlah nol (Strategi murni dan strategi campuran) |
Pembahasan tentang teori permainan | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Permainan dua pemain jumlah nol (Strategi murni dan strategi campuran) | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan c. Pemecahan model Permainan dengan program linier | Pembahasan tentang teori permainan | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskanc. Pemecahan model Permainan dengan program linier | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Definisi dan tujuan model teori antrian b. Elemen Dasar Model c. Model-model Antrian |
Pembahasan tentang Teori Antrian | Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan model-model antrian | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT313-Pengantar Operasi Riset* (3 SKS), Semester: 5 18-TMM-A, Dosen : IKA METIZA MARIS, M.SI., Ruang: L2.2, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar