Publikasi IAIN Batusangkar

MAT313-Pengantar Operasi Riset* (3 SKS) 5 18-TMM-A IKA METIZA MARIS, M.SI. L2.2, Senin, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

MAT313-Pengantar Operasi Riset* (3 SKS) 5 18-TMM-A IKA METIZA MARIS, M.SI. L2.2, Senin, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT313
Nama Matakuliah Pengantar Operasi Riset*
Semester 5
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan IKA METIZA MARIS, M.SI.
Peserta Perkuliahan 15300500026 - IRMA YETTI,
1730105002 - AHMAD RIDWAN,
1730105006 - ASIA HURIYA,
1730105014 - FAUZIAH AZMI,
1730105019 - GITA ALMA DWIANA,
1730105022 - INTAN HERDIANA,
1730105023 - JUSAFRIA YALMI,
1730105028 - MIFTAHUL JANNAH,
1730105034 - NIA PITRIA,
1730105039 - NURUL FAUZIAH FITRI,
1730105043 - RAHMAD GUSNUR FAJRI,
1730105044 - RAHMATUL HIDAYAH,
1730105048 - SERVIA RAHMA DONA,
1730105050 - TIARA TIZA AZAHRA,
1730105054 - WINDRI,
1730105056 - YORI FADILA,
1830105001 - ALDA ALDELINA,
1830105002 - ANDRE ELVIS YANTO,
1830105004 - ARYA SENA SATYA NEGARA,
1830105006 - ASYIFA NURUL AQSHA,
1830105007 - AULIA FITRI ZETIA,
1830105008 - AULIA YUNITA,
1830105010 - DEBI HERNIATI,
1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI,
1830105016 - FARADILLA HAFIZHAH,
1830105018 - FELINA NABILA UMAIROH,
1830105020 - GINA DAYANA,
1830105024 - HIKMATHUN NAZILA,
1830105025 - HIZATUN NABILA,
1830105029 - KHODIZAH,
1830105030 - LAILATUL RAMADANI,
1830105031 - MAILINA PUTRI,
1830105033 - MELIANI WIDYA AUFAH,
1830105034 - MONA YULIVIA PUTRI,
1830105035 - MONICA FEBRIANTI,
1830105037 - MUHAMMAD RIFKI,
1830105039 - NATASYA,
1830105041 - NOFITA FIRGAYANTI,
1830105042 - NOVITA SARI,
1830105044 - NURHAYATI,
1830105045 - PUTRI LUFITA SARI,
1830105046 - RAMADHANI PUTRI,
1830105047 - RANI MEILIA PUTRI,
1830105049 - RIFI NOVIANI,
1830105052 - SARI AGUSTINA,
1830105053 - SARIFAH AINI,
1830105054 - SITI ZAHARA,
1830105055 - SUCI INDAH SARI,
1830105057 - TIARA DEWINA,
1830105062 - WARNI RAHMADHANI,
1830105063 - WENI NOVITA SARI,
1830105064 - YOGA OKTAVIANTO,
1830105065 - YUNIA SARTIKA,
1830105067 - ZANI RAHMAWATI,
1830105069 - ZULHIARSI GUSNEFI,
1830105070 - ZURYATI

2. Deskripsi Pembelajaran

Dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan modus gabungan tatap muka dan daring (online), mahasiswa mampu mengenal dan menguasai tahap-tahap operasi riset, program linier metode grafik, metode simplek, dualitas dan analisis semsitivitas, metode transportasi, model penugasan menggunakan metode hungarian, analisis network, teori permainan dan teori antrian.

Perkuliahan tata muka akan menjadi media utama dan media daring (on line) dengan memanfaatkan e-campus digunakan atas dasar kebutuhan . Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui baik tes maupun nontes

3. Capaian / Kompetensi

a. Mampu memahami dasar-dasar pemecahan masalah pada operasi riset.
b. Mampu memetakan masalah dan menentukan model dan metode pemecahan masalah yang paling optimal dalam rangka pengambilan keputusan yang tepat.
c. Soft skills/Karakter: Memiliki etos kerja, empati, tanggung jawab, percaya diri, dan rasa bangga sebagai calon guru matematika

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pendahuluan Operasi Riset Pembahasan tentang Operasi Riset Ekspositori Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan tahap-tahap operasi riset
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Bentuk Umum Program linier
b. Metode Grafik
c. Metode Simplek
d. Penyimpangan-penyimpangan pada bentuk standar metode simpleks;
Pembahasan tentang Program Linier Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan tentang program linier
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Bentuk Umum Program linier
b. Metode Grafik
c. Metode Simplek
d. Penyimpangan-penyimpangan pada bentuk standar metode simpleks;
Pembahasan tentang Program Linier Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan tentang program linier
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Definisi dan Pemecahan Masalah Dualitas
b. Analisis Sensitivitas (Kaidah Pengujian Tabel optimal dan perubahan yang terjadi Setelah penyelesaian optimal)
Pembahasan tentang dualitas dan analisis sensitivita Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dualitas dan analisis sensitivita
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Metode Stepping Stone
b. Metode MODI
c. Metode VOGEL
Pembahasan tentang metode transportasi Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan metode transportasi
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Metode Stepping Stone
b. Metode MODI
c. Metode VOGEL
Pembahasan tentang metode transportasi Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan metode transportasi
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Masalah Minimisasi
b. Masalah Maksimalisasi
c. Masalah Khusus : Jumlah Objek tidak sama dengan jumlah tugas
Pembahasan tentang Model Penugasan dengan Metode Hungarian Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Model Penugasan dengan Metode Hungarian
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Definisi dan manfaat
b. Kasus Penentuan Rute Terdekat
Pembahasan tentang Analisis Jaringan Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan a. Definisi dan manfaat
b. Kasus Penentuan Rute Terdekat
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
c. Kasus Arus Maksimum
d. Kasus Rentang Pohon Minimum
Pembahasan tentang Analisis Jaringan Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Kasus Arus Maksimum dan Kasus Rentang Pohon Minimum
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan
mendikusikan
e. Model Jaringan PERT
Pembahasan tentang Analisis Jaringan Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Model Jaringan PERT
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
f. Model Jaringan CPM
Pembahasan tentang Analisis Jaringan Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Model Jaringan CPM
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Definisi dan unsur-unsur Dasar teori permainan.
b. Permainan dua pemain jumlah nol (Strategi murni dan strategi campuran)
Pembahasan tentang teori permainan Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Permainan dua pemain jumlah nol (Strategi murni dan strategi campuran)
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan c. Pemecahan model Permainan dengan program linier Pembahasan tentang teori permainan Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskanc. Pemecahan model Permainan dengan program linier
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan
a. Definisi dan tujuan model teori antrian
b. Elemen Dasar Model
c. Model-model Antrian
Pembahasan tentang Teori Antrian Ekspositori, Presentasi, Pemberian Tugas Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan model-model antrian
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Mempresentasikan, Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT313-Pengantar Operasi Riset* (3 SKS), Semester: 5 18-TMM-A, Dosen : IKA METIZA MARIS, M.SI., Ruang: L2.2, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS