Publikasi IAIN Batusangkar

FIS310-Termodinamika (3 SKS) 3 19-TFIS-A VENNY HARIS, M.SI. L3.5, Senin, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

FIS310-Termodinamika (3 SKS) 3 19-TFIS-A VENNY HARIS, M.SI. L3.5, Senin, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Kode Matakuliah FIS310
Nama Matakuliah Termodinamika
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan VENNY HARIS, M.SI.
Peserta Perkuliahan 1630107007 - DERI CINTIAMA,
1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE,
1830107025 - PERMATA LENI,
1930107001 - ANISA HAFIFAH,
1930107002 - ANNISA ZAHRA AHDALIZA,
1930107003 - ARI IRAWAN,
1930107004 - AYU SUNDARI,
1930107005 - DEDEN SUKMA JULIANTO,
1930107006 - DEVI MULYA SARI,
1930107007 - DWI MULYA PUTRI,
1930107008 - DZATIL FADHILAH,
1930107009 - ENNI YUSNITA FIRDAUS,
1930107010 - INDAH MAIMUNAH,
1930107011 - INTAN YOLANDA FASITA,
1930107012 - NUR ALIZA,
1930107013 - PERA AGUSTIA PUTRI,
1930107014 - RIRIN ANDRIANI,
1930107015 - SOFIA SOBRIA WINDA,
1930107017 - USWATUN HASANAH,
1930107018 - WINA PEPRIANI,
1930107019 - YOVEL RAMADANI,
1930107021 - ZULHIDAYATI RAHMADANIS

2. Deskripsi Pembelajaran

Pada matakuliah ini mahasiswa belajar tentang : Konsep-konsep dasar termodinamika, koordinat-koordinat termodinamika, matematika untuk termodinamika, sifat-sifat zat murni, temperatur dan hukum ke-nol termodinamika, sistem dan persamaan keadaan, usaha mekanik eksternal, panas dan hukum pertama termodinamika untuk sistem tertutup dan sistem terbuka, hukum kedua termodinamika dan terapannya pada motor bakar dan mesin pendingin, siklus karnot dan reversibilitas, entropi, potensial termodinamika, dan perumusan lengkap termodinamika menurut rumusan Maxwell

3. Capaian / Kompetensi

• Mahasiswa mampu menguasai dan menganalisis konsep-konsep dasar termodinamika; matematika untuk termodinamika; Hukum-hukum termodinamika; sistem dan persamaan keadaan; entropi; perumusan lengkap termodinamika menurut rumusan Maxwell.
• Mahasiswa memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam mengapilkasikan konsep-konsep termodinamika.
• Mahasiswa memiliki sikap jujur, semangat kemandirian, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, berakhatul karimah nilai, dan kerjasama

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Tugas individu tentang konsep dasar termodinamika - Mampu memahami deskripsi perkuliahan termodinamika dan aturan perkuliahannya.
- Mampu memahami konsep-konsep dasar termodinamika dan hubungannya dengan matakuliah lain
Diskusi, Tanya Jawab melalui google meet , wa dan google class room • Mendiskusikan kontrak perkuliahan
• Memahami isi RPS
• Mendiskusikan konsep dasar termodinamika
3 x 50 menit • Kontrak perkuliahan
• RPS Termodinamika
• Pendahuluan termodinamika (konsep-konsep dasar termodinamika)
• Koordinat-koordinat termodinamika
2 Penilaian proses



Tugas terstruktur tentang dasar-dasar matematika untuk termodinamika
Menguasai dasar-dasar matematika untuk termodinamika mengerjakan e-worksheet termodinamika, Tanya jawab dan penjelasan materi secara daring. • Mengerjakan materi dan pertanyaan pada e-worksheet termodinamika
• Mengkomunikasikan hasil pengerjaan e-worksheet ke dalam diskusi daring pada google class room
• Mendengar penguatan yang diberikan dosen terkait materi secara daring
3 x 50 menit Tingkat komunikatif diskusi dan presentasi

Kebenaran dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas terstruktur
Matematika untuk termodinamika : (diferensial fungsi variabel
tunggal, diferensial fungsi variabel ganda, diferensial parsial, diferensial eksak
dan tak eksak, hubungan antara diferensial parsial, koefisien muai volume
isobarik, kompresibilitas isotermik, besaran intensif dan ekstensif, termodinamika dan energi,
dimensi dan satuan, sistem tertutup dan terbuka, bentuk-bentuk energi, besaran-besaran sistem, keadaan kesetimbangan sistem, proses dan siklus, dan tekanan.
3 Penilaian proses



Tugas terstruktur tentang sifat-sifat zat murni
Mampu memahami sifat-sifat zat murni Mengerjakan e-worksheet termodinamika, Tanya jawab dan penjelasan materi secara daring. • Mengerjakan materi dan pertanyaan pada e-worksheet termodinamika
• Mengkomunikasikan hasil pengerjaan e-worksheet ke dalam diskusi daring
• Mendengar penguatan yang diberikan dosen terkait materi secara daring
3 x 50 menit Tingkat komunikatif diskusi dan presentasi

Kebenaran dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas terstruktur
Sifat-sifat zat murni:
- Fase-fase zat murni
- Proses perubahan fase zat murni
- Diagram proses perubahan zat murni
- Diagram permukaan P-V-T
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu mengusai konsep suhu dan Hukum Kenol Termodinamika Suhu dan Hukum Kenol Termodinamika :
- Kesetimbangan termal
- Konsep temperatur
- Pengukuran temperatur
- Besaran termometrik
- Jenis-jenis termometer berdasarkan besaran termometricnya
- Temperatur gas ideal
- Penskalaan termometer
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Suhu dan Hukum Kenol Termodinamika :
- Kesetimbangan termal
- Konsep temperatur
- Pengukuran temperatur
- Besaran termometrik
- Jenis-jenis termometer berdasarkan besaran termometricnya
- Temperatur gas ideal
- Penskalaan termometer
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Persamaan keadaan
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Ceramah, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Persamaan keadaan
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS310-Termodinamika (3 SKS), Semester: 3 19-TFIS-A, Dosen : VENNY HARIS, M.SI., Ruang: L3.5, Hari: Senin, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA

Pengunggahan Barusan