Publikasi IAIN Batusangkar

KIM401-Metodologi Penelitian (3 SKS) 5 18-TKIM-A MIMI HERMAN, M.Pd, Dr. DONA AFRIYANI, S.Si.,M.Pd. L2.7, Senin, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

KIM401-Metodologi Penelitian (3 SKS) 5 18-TKIM-A MIMI HERMAN, M.Pd, Dr. DONA AFRIYANI, S.Si.,M.Pd. L2.7, Senin, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) KIMIA
Kode Matakuliah KIM401
Nama Matakuliah Metodologi Penelitian
Semester 5
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan MIMI HERMAN, M.Pd,
Dr. DONA AFRIYANI, S.Si.,M.Pd.
Peserta Perkuliahan 1730110001 - ADILLA YULIA BENANDA,
1730110002 - AFIFAH DESWITA,
1730110004 - CICI HERAWATI,
1730110006 - DILA AULIA FITRI,
1730110007 - DONA JULIANA,
1730110008 - DYAN EKA TAMARA,
1730110009 - EMMILYA FEBRI MARTHIN,
1730110010 - ETRI MEILOGIS,
1730110011 - FEBRI HULANDARI,
1730110012 - HALIMATUSA'DIAH,
1730110015 - IFANORA NATALIA,
1730110016 - KHAIRUN ANNISA,
1730110017 - LOTRI LOVINA,
1730110018 - MARSI RESNI,
1730110019 - MEISI SAKDIAH,
1730110020 - MIFTAHUR RIZKA,
1730110021 - RAHMI SAFITRI,
1730110022 - RANDA KURNIA PRATAMA,
1730110024 - YESI OKTALIA,
1830110002 - DALIA RAMADHANI,
1830110003 - DWI APRINDA ERITA,
1830110006 - IQBAL ABDAN LIDRA,
1830110007 - LATIFA KHAIRANI,
1830110008 - MUTIARA MAHARANI AS,
1830110009 - NADIA SAINITA,
1830110010 - NOVANA HANIFAN,
1830110012 - RAHAYU PUTRI ILAHI,
1830110013 - RAHMA DINA,
1830110014 - REGITA NUR AZIZAH,
1830110015 - RENI ANGGRAINI,
1830110016 - RONI,
1830110017 - SUCI PUTRI ANDANI,
1830110018 - SYAHRINA NURUL ILMI,
1830110019 - ZAHRA ASSYFA YUSRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mahasiswa mampu mengembangan kemampuannya dalam memahami dan melakukan penelitian tentang masalah-masalah pembelajaran kimia.

3. Capaian / Kompetensi

Penelitian pendidikan kimia mempunyai manfaat baik manfaat teoretik yaitu untuk pengembangan ilmu pendidikan kimia, maupun untuk memecahkan masalah-masalah praktis di bidang pendidikan dan pengajaran kimia. Matakuliah ini memberikan prinsip-prinsip metodologi penelitian, sehingga mahasiswa pendidikan kimia dapat meyusun proposal penelitian yang layak dilanjutkan menjadi Tugas Akhir Skripsi. Pokok bahasan metodologi penelitian pendidikan kimia meliputi (1) Pendahuluan : Pendidikan Kimia sebagai Bidang Ilmu, Permasalahan dalam Pendidikan Kimia, Tujuan dan Manfaat Penelitian Pendidikan Kimia. (2) Metode Penelitian Ilmiah, (3) Rancangan Penelitian Pendidikan Kimia : Perumusan Masalah, Kerangka Teori, Variabel dan Desain Penelitian, Populasi, Sampel, dan Teknik Sampling, Instrumen Penelitian, Teknik Pengumpulan dan Analisis Data, (4) Jenis-jenis Penelitian Pendidikan Kimia : Penelitian Deskriptif, Penelitian Eksperimen, Penelitian Pengembangan, dan Penelitian Tindakan Kelas, (5) Kecenderungan baru (trend) Penelitian Pendidikan Kimia.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Langkah-langkah penelitian kualitatif Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: KIM401-Metodologi Penelitian (3 SKS), Semester: 5 18-TKIM-A, Dosen : MIMI HERMAN, M.Pd, Dr. DONA AFRIYANI, S.Si.,M.Pd., Ruang: L2.7, Hari: Senin, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) KIMIA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS