Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) KIMIA |
Kode Matakuliah | KIM401 |
Nama Matakuliah | Metodologi Penelitian |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | MIMI HERMAN, M.Pd, Dr. DONA AFRIYANI, S.Si.,M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1730110001 - ADILLA YULIA BENANDA, 1730110002 - AFIFAH DESWITA, 1730110004 - CICI HERAWATI, 1730110006 - DILA AULIA FITRI, 1730110007 - DONA JULIANA, 1730110008 - DYAN EKA TAMARA, 1730110009 - EMMILYA FEBRI MARTHIN, 1730110010 - ETRI MEILOGIS, 1730110011 - FEBRI HULANDARI, 1730110012 - HALIMATUSA'DIAH, 1730110015 - IFANORA NATALIA, 1730110016 - KHAIRUN ANNISA, 1730110017 - LOTRI LOVINA, 1730110018 - MARSI RESNI, 1730110019 - MEISI SAKDIAH, 1730110020 - MIFTAHUR RIZKA, 1730110021 - RAHMI SAFITRI, 1730110022 - RANDA KURNIA PRATAMA, 1730110024 - YESI OKTALIA, 1830110002 - DALIA RAMADHANI, 1830110003 - DWI APRINDA ERITA, 1830110006 - IQBAL ABDAN LIDRA, 1830110007 - LATIFA KHAIRANI, 1830110008 - MUTIARA MAHARANI AS, 1830110009 - NADIA SAINITA, 1830110010 - NOVANA HANIFAN, 1830110012 - RAHAYU PUTRI ILAHI, 1830110013 - RAHMA DINA, 1830110014 - REGITA NUR AZIZAH, 1830110015 - RENI ANGGRAINI, 1830110016 - RONI, 1830110017 - SUCI PUTRI ANDANI, 1830110018 - SYAHRINA NURUL ILMI, 1830110019 - ZAHRA ASSYFA YUSRI |
Mahasiswa mampu mengembangan kemampuannya dalam memahami dan melakukan penelitian tentang masalah-masalah pembelajaran kimia.
Penelitian pendidikan kimia mempunyai manfaat baik manfaat teoretik yaitu untuk pengembangan ilmu pendidikan kimia, maupun untuk memecahkan masalah-masalah praktis di bidang pendidikan dan pengajaran kimia. Matakuliah ini memberikan prinsip-prinsip metodologi penelitian, sehingga mahasiswa pendidikan kimia dapat meyusun proposal penelitian yang layak dilanjutkan menjadi Tugas Akhir Skripsi. Pokok bahasan metodologi penelitian pendidikan kimia meliputi (1) Pendahuluan : Pendidikan Kimia sebagai Bidang Ilmu, Permasalahan dalam Pendidikan Kimia, Tujuan dan Manfaat Penelitian Pendidikan Kimia. (2) Metode Penelitian Ilmiah, (3) Rancangan Penelitian Pendidikan Kimia : Perumusan Masalah, Kerangka Teori, Variabel dan Desain Penelitian, Populasi, Sampel, dan Teknik Sampling, Instrumen Penelitian, Teknik Pengumpulan dan Analisis Data, (4) Jenis-jenis Penelitian Pendidikan Kimia : Penelitian Deskriptif, Penelitian Eksperimen, Penelitian Pengembangan, dan Penelitian Tindakan Kelas, (5) Kecenderungan baru (trend) Penelitian Pendidikan Kimia.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Langkah-langkah penelitian kualitatif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: KIM401-Metodologi Penelitian (3 SKS), Semester: 5 18-TKIM-A, Dosen : MIMI HERMAN, M.Pd, Dr. DONA AFRIYANI, S.Si.,M.Pd., Ruang: L2.7, Hari: Senin, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) KIMIA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar