Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI309 |
Nama Matakuliah | Metodologi Penelitian Kualitatif |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1730101006 - AFRI YANDI, 1730101068 - M. ALVIKRI, 1830101017 - IMELSI SILFIA DIANA, 1830101020 - JAMILATUL WILDA, 1830101039 - AFDAL FIKRI, 1830101040 - ADELIA RAHMADANI FITRI, 1830101041 - AFNI NORA, 1830101042 - AHADDATUL JANNAH, 1830101043 - ANNISA FADHILLA, 1830101044 - APIN ALPINDA, 1830101045 - BARITA, 1830101046 - CICI PERMATA SARI, 1830101047 - CITRA WINDA WAHYUNI, 1830101048 - DARA AULIA RAHMI, 1830101049 - DAYYANA RAHMADHANI, 1830101050 - DEWI RARA, 1830101052 - ERKA JULI SARDO, 1830101054 - FAKHRI HUSAINI AMINI, 1830101055 - FAUZAN SYARIF, 1830101056 - FENADA SISILIA, 1830101057 - FIRDAUS, 1830101058 - HIDAYATI, 1830101059 - HIMMATUL JANNAH, 1830101060 - JUSNAINI, 1830101061 - KIKI APRILA DIANI, 1830101063 - MEINI ASARA, 1830101064 - MERY ANGGRAINI, 1830101065 - MUHAMMAD FARHAN, 1830101067 - PUTRI MAY ANGGRAINI, 1830101068 - RAHMA YUNI, 1830101069 - ROKI ANANDA, 1830101070 - SANDRA SAPUTRA, 1830101071 - SINTA MAIDA YANTI, 1830101072 - SITI ANNISYA, 1830101073 - SITI KHADIJAH, 1830101075 - SUSKESI SAPUTRI, 1830101076 - YENI WAHYUNI, 1830101078 - ZAINAB LATIFUL MABRUR, 1830101154 - VONNY AULIA OCTAVIANNY |
A. Deskripsi Matakuliah : Metode Penelitian Pendidikan merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa FTIK khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Mata kuliah ini membahas berbagai konsep, teori, metode penelitian dan pelaksanaan Penelitian Pendidikan Agama Islam.
Perkuliahan dilakukan selama satu semester yang terdiri dari (1). Pertemuan Daring /tatap muka dan diskusi, (2) Presentasi makalah dan individual (3) tugas dan ujian. Untuk kehadiran mahasiswa mengikuti perkuliahan minimal 80%. Dalam proses perkuliahan mahasiswa dituntut berperan aktif melalui diskusi, mengerjakan tugas resume perminggu dan resume melalui jurnal penelitian pendidikan. Proses perkuliahan melalui pendekatan perguruan tinggi berbasis riset dalam cakupan KKNI dan proses perkuliahan berbasis Riset .
Nilai akhir ditetapkan berdasarkan partisipasi dalam perkuliahan, tugas-tugas dan hasil ujian.
3. Capaian Pembelajaran Program Studi sesuai Mata Kuliah
CPMK Perkualihan metode penelitian mahasiswa mampu melahirkan proposal penelitian kualitatif sebagai bahan dan kajian untuk bisa dilanjutkan sebagai bahan skripsinya.
4. Capaian Pembelajaran Matakuliah
1. Mahasiswa mampu menemukan konsep, teori dan indikator
2. Mahasiswa mampu mengamati fenomena dilapangan
3. Mahasiswa mampu merancang penelitian dan instrument penelitian
4. Mahasiswa mampu melakukan praktek dan teknik pengumpulan data.
5. Mahasiswa mampu menarasikan dan mendeskripsikan temuan penelitiannya
6. Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian untuk skripsi
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang .teori dan praktek pengumpulan data riset kualitatif wawancara, observasi dan dokumentasi | diskusi melalui google clasroom. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI309-Metodologi Penelitian Kualitatif (3 SKS), Semester: 5 18-PAI-B, Dosen : Dr. Hj. DEMINA, M.Pd., Ruang: GH.2.3, Hari: Senin, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar