Publikasi IAIN Batusangkar

MAT101-Pengantar Dasar Matematika (3 SKS) 1 20-TMM-B CHRISTINA KHAIDIR, M.PD . L2.2, Senin, 13.15 s.d 15.40 2020/2021

MAT101-Pengantar Dasar Matematika (3 SKS) 1 20-TMM-B CHRISTINA KHAIDIR, M.PD . L2.2, Senin, 13.15 s.d 15.40 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT101
Nama Matakuliah Pengantar Dasar Matematika
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan CHRISTINA KHAIDIR, M.PD .
Peserta Perkuliahan 2030105029 - NURUL AZURA,
2030105030 - OSAMA,
2030105031 - PUTRI YUANDA,
2030105032 - RAHMADHANI WASSALAM,
2030105033 - RAHMAT ARIF,
2030105034 - RAHMI RAHMADHANI,
2030105035 - RAHMI RAMADANI,
2030105036 - REFY RAMADHANI,
2030105037 - REZA NOVITA,
2030105038 - RIDHO GAMBATE,
2030105039 - RINI PUTRI YENI,
2030105040 - RITA ARIANTI,
2030105041 - RIYOS DINANTO,
2030105042 - SEFTA MAWADDAH,
2030105043 - SEKAR ASIH DWI RAHAYU,
2030105044 - SEPTINUR ENGLA,
2030105045 - SHOFIYYAH NURJANNAH,
2030105046 - SUGANDI,
2030105047 - SYARAH HIDAYATI SYAPUTRI,
2030105048 - TETES NURHALISA,
2030105049 - ULYA AVIFA,
2030105050 - WIDIA DWI FIKRY,
2030105051 - WILZA NABILLA,
2030105052 - WINA DIA PUTRI YULIZA,
2030105053 - WIZA FAUZIAH,
2030105054 - ZAHRA SALSABILA,
2030105055 - ZAWATA AFNAN

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini meliputi himpunan dan sub himpunan, operasi-operasi himpunan dan sifat-sifatny, relasi dan fungsi, kalimat pernyataaan, operasi-operasi logika matematika, kuantor, kalimat matematika berkuantor, dan penarikan kesimpulan. Dalam mata kuliah ini dipelajari dua topik. Pertama, teori himpunan dan kedua, logika matematika. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada semester satu yang diberikan di Jurusan Tadris Matematika.

3. Capaian / Kompetensi

1. Menguasai teori himpunan, terampil mengoperasikan dan mengaplikasikannya dengan ilmu lain.
2. Menguasai logika matematika, terampil mengoperasikan dan mengaplikasikannya dengan pemakaian jaringan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Soft skills/Karakter: Memiliki etos kerja, kreatif, inovatif, tanggung jawab, dan percaya diri

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu Memahami rencana perkuliahan dan sistem penilaian yang digunakan di dalam perkuliahan. Menjelaskan rencana perkuliahan dan sistem penilaian. Ceramah
(penyajian
oleh dosen),
tanya jawab
(Penyajian oleh
dosen): permasalahan
terhadap pembelajaran mata pengantar dasar matematika
3 x 50 menit Teknik Penilaian:
- Sikap: observasi, angket
Pendahuluan
dan Silabus
2 - Dapat menjelaskan definisi himpunan dan sub himpunan
- Mampu menuliskan berbagai notasi himpunan
- Mampu membuat diagram venn suatu himpunan
Dapat menjelaskan definisi himpunan dan sub himpunan Diskusi, pemberian tugas - Mahasiswa dihadapkan pada objek-objek nyata, kemudian mengidentifikasikan pada suatu himpunan
- Diberikan contoh-contoh himpunan dan diminta mahasiswa menunjukkan elemen-elelmennya dan menuliskan notasi-notasi himpunan
3 x 50 menit - Penugasan
- Aktivitas kerja kelompok
Teori himpunan
- Himpunan dan sub himpunan
- Notasi himpunan
- Diagram venn
3 - Mampu menyebutkan definisi operasi himpunan
- Mampu membedakan operasi himpunan dengan operasi bilangan
Dapat memahami operasi himpunan Diskusi, pemberian tugas - Mahasiswa diminta untuk membandingkan operasi-operasi pada himpunan
- Dibentuk masing-masing kelompok dan diberikan contoh-contoh himpunan dan diminta untuk menunjukkan operasi himpunan
3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
Operasi Himpunan
- Gabungan
- Irisan
- Selisih
- Komplemen
4 - Mampu menyebutkan definisi product cartesius
- Mampu menuliskan definisi relasi
- Mampu membedakan jenis-jenis relasi
- Menunjukkan contoh relasi
Dapat memahami product cartesius dan relasi dalam matematika dan dapat menggunakannya Diskusi, pemberian tugas - Misal S himpunan tak kosong da nada elemen-elemen di S, diminta mahasiswa menuliskan pasangan terurut
- Mahasiswa dihadapkan beberapa contoh relasi dan diminta membuat karakteristik relasi
3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Product cartesius
- Relasi:
• Pengertian relasi
• Jenis-jenis relasi
5 - Mampu menuliskan definisi fungsi
- Mampu membedakan jenis-jenis fungsi
- Mampu menunjukkan contoh fungsi
Dapat memahami konsep fungsi, macam-macam fungsi, konsep komposisi fungsi dan invers fungsi, konsep perkalian himpunan dan menggambarkan grafik fungsi Diskusi, pemberian tugas Mahasiswa dihadapkan beberapa contoh fungsi dan diminta membuat karakteristik fungsi 3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
Fungsi:
- Pengertian fungsi
- Jenis-jenis fungsi
6 - Mampu menyebutkan hukum-hukum aljabar himpunan
- Mampu membuktikan hukum-hukum aljabar himpunan
- Mampu menemukan dual dari setiap hukum
Dapat memahami hukum-hukum aljabar himpunan dan
macam-macam aljabar himpunan
Diskusi, pemberian tugas - Mahasiswa dihadapkan pada aljabar himpunan dan diminta menyebutkan hukum-hukum apa saja yang berlaku dan dapat dibuktikan hokum tersebut
- Diberikan hukum-hukum aljabar dan menunjukkan apa dualitasnya
3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
Aljabar himpunan:
- Hukum-hukum aljabar himpunan
- Prinsip dualitas
- Himpunan indeks
7 - Mampu menyebutkan definisi cardinal
- Mampu membedakan himpunan hingga dan tak hingga
Dapat memahami
Himpunan cardinal dan himpunan hingga dan tak hingga
Diskusi, pemberian tugas Mahasiswa dihadapkan pada bermacam-macam bilangan dan menyebutkan bilangan cardinal 3 x 50 menit - Pengertian cardinal
- Himpunan hingga dan tak hingga
- Pengertian cardinal
- Himpunan hingga dan tak hingga
8 Tes 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menjawab soal 3 x 50 menit
9 Memahami
pernyataan dan bukan pernyataan
pada kalimat matematika
Dapat memahami
pernyataan dan bukan pernyataan
pada kalimat matematika
Diskusi, pemberian tugas - Mahasiswa dihadapkan pada bermacam-macam kalimat dan menentukan mana kalimat matematika
- Diberikan suatu pernyataan diminta untuk menentukan nilai kebenaran
3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Pengertian logika
- Pernyataan dan bukan pernyataan
- Pernyataan tunggal dan penyataan majemuk
- Nilai kebenaran dari pernyataan
10 Memahami operasi
- operasi dalam logika
Dapat memahami operasi
- operasi dalam logika
Diskusi, pemberian tugas Diberikan suatu pernyataan diminta untuk menentukan nilai kebenaran konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi 3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Operasi negasi, konjungsi, dan disjungsi
- Operasi implikasi dan biimplikasi
11 Memahami urutan pada pemakaian operasi dalam logika dan mampu membuat tabel kebenaran dari suatu pernyataan Dapat memahami urutan pada pemakaian operasi dalam logika dan mampu membuat tabel kebenaran dari suatu pernyataan Diskusi, pemberian tugas Diberikan suatu pernyataan dan diskusi dalam kelompok dan mahasiswa diminta membuat table kebenaran dari suatu ppernyatan 3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Urutan pemakaian operasi pada logika
- Tabel kebenaran dari suatu pernyataan
12 Memahami bentuk-bentuk pernyataan dalam logika matematika, bentuk-bentuk pernyataan dalam logika matematika Dapat memahami bentuk-bentuk pernyataan dalam logika matematika, bentuk-bentuk pernyataan dalam logika matematika Diskusi, pemberian tugas Diberikan hukum-hukum aljabar himpunan dan diminta membedakan dengan hukum-hukum aljabar proposisi 3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Tautologi, kontradiksi dan kontigensi
- Pernyataan-pernyataan equivalen
- Konvers, invers, dan kontra posisi
13 Memahami penggunaan bentuk-bentuk kuantor dalam kalimat terbuka dan mampu membuat diagram
venn-nya
Dapat memahami penggunaan bentuk-bentuk kuantor dalam kalimat terbuka dan mampu membuat diagram
venn-nya
Diskusi, pemberian tugas Diberikan beberapa kalimat yang berbentuk pernyataan berkuantor dan diskusi dalam kelompok dan mahasiswa diminta membandingkan proposisi yang mengandung kuantor 3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Pengertian kuantor
- Diagram venn pernyatan berkuantor
- Pengkuantoran kalimat terbuka dengan dua variabel
14 Memahami berbagai penarikan pesimpulan dalam berbagai bentuk argumen Dapat memahami berbagai penarikan kesimpulan dalam berbagai bentuk argument Diskusi, pemberian tugas Diberikan contoh argument, diminta untuk meninjau keabsahan argument pada penarikan kesimpulan 3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
- Perngertian argument
- Kebenaran dan validitas
- Penyimpulan
- Bentuk-bentuk argumen
15 - Mampu membuktikan aljabar proposisi dengan aturan-aturan pengganti
- Mampu menyusun bukti formal keabsahan dan bukti tidak langsung
Dapat membuktikan ajabar proposisi dengan aturan pengganti dan mampu menyusun bukti formal keabsahan dan bukti tidak langsung Diskusi, pemberian tugas - Diberikan hukum aljabar proposisi dan diminta daftarkan semua aturan pengganti
- Diberikan argument, diminta menyusun bukti formal keabsahan
- Diminta menunjukkan bukti ketaksahan argument dalam bentuk khusus
3 x 50 menit - Observasi aktivitas kerja kelompok
- Penugasan
Aturan-aturan pengganti:
- Bukti formal keabsahan
- Bukti ketaksahan
- Bukti tak langsung
- Pembuktian
- Tautology
16 Tes 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menjawab soal 3 x 50 menit

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT101-Pengantar Dasar Matematika (3 SKS), Semester: 1 20-TMM-B, Dosen : CHRISTINA KHAIDIR, M.PD ., Ruang: L2.2, Hari: Senin, 13.15 s.d 15.40, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS