Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI302 |
Nama Matakuliah | Manajemen Kelas |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRA. ELIWATIS, M.AG. |
Peserta Perkuliahan | 1830101009 - DINUL USRY, 1830101111 - SARI FITRA, 1930101001 - ABDUL NURRIFQI, 1930101002 - AFDOL HAMDANI, 1930101003 - AHMAD HABIBILLAH, 1930101004 - ALFI SUKRINA, 1930101005 - ANNISA NOVRI, 1930101006 - ASMA DENI, 1930101007 - AULIA KHUSNUN NISA, 1930101008 - AZIZAH FEBRIZA, 1930101009 - AZZURA DENUARTA, 1930101010 - DITA ROSANTI, 1930101011 - ENDAH A'BDILLAH, 1930101013 - HUSNUL KHATIMAH, 1930101014 - INDAH KARTIKA, 1930101015 - KIKI SATRIYA, 1930101017 - M.IRSYAD, 1930101018 - MEGA MELISA PUTRI, 1930101019 - MELI GUSTINA, 1930101020 - MHESY SURPA ARISANDY, 1930101021 - MIFTAHUL HUSNI, 1930101022 - MIFTAHUL RAHMI BUDI, 1930101024 - NOVITA MARDIAH, 1930101025 - NUR FATHA HUSNA DEWI, 1930101026 - NUR FITRIA, 1930101028 - NURHIKMAH HASIBUAN, 1930101029 - NURIL WIDYAWATI, 1930101030 - NURUL AULIA VERONA, 1930101032 - RAFI SAIFULLAH, 1930101034 - WIZURAHMI, 1930101035 - YENSI YULIANTI, 1930101080 - ISMIATHUL RAHMI, 1930101090 - MELLA WULANDARI, 1930101135 - SILFI WAHYUNI |
Mata kuliah Manajemen Kelas bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi dasar dalam bidang pengelolaan kelas sehingga mampu menyiapkan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif secara teoritis maupun praktis. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang konsep dasar dalam mengelola kelas, peran guru dan siswa dalam mengkondusifkan kelas, serta prinsip-prinsip dan pendekatan yang digunakan dalam mengelola kelas. Untuk itu mata kuliah ini akan membahas tentang upaya-upaya preventif yang dilakukan dalam mengelola kelas (learning contract dan model penataan lingkungan fisik kelas), dan upaya- upaya kuratif yang dilakukan dalam mengembalikan kekondusifan kelas ( masalah kelas, klasifikasi masalah dan problem solving). Untuk merangsang kemampuan praktis mahasiswa,maka pada mata kuliah ini juga melakukan kegiatan praktek manajemen kelas dalam kegiatan pembelajaran yang berbasis teacher centered dan student centered.
1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar manajemen kelas
2. Mahasiswa mampu memahami peranan dan kemampuan guru dalam memanaje kelas
3. Mahasiswa mampu menganalisis differensiasi individu siswa dalam kegiatan manajemen kelas
4. Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan-pendekatan kelas dalam konteks belajar
5. Mahasiswa mampu merencanakan upaya-upaya preventif dalam manajemen kelas dalam bentuk membangun komitmen dalam kegiatan pembelajaran
6. Mahasiswa mampu merencanakan upaya dalam menciptakan kelas yang kondusif baik fisik kelas maupun non fisik kelas (suasana)
7. Mahasiswa mampu mengatasi masalah-masalah dalam manajemen kelas
8. Mahasiswa mampu menemukan berbagai strategi untuk mengatasi (menyelesaikan) masalah-masalah dalam manajemen kelas
9. Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan teori manajemen kelas dalam pembelajaran berbasis teacher.
10. Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan teori manajemen kelas dalam pembelajaran berbasis student
11. Mahasiswa mampu mengimplementasikan teori manajemen kelas dalam pembelajaran berbasis teacher
12. Mahasiswa mampu mengimplementasikan teori manjemen kelas dalam pembelajaran berbasis student
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kontrak kuliah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang konsep dasar manajemen kelas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang guru dalam manajemen kelas | metode kuliah presentasi daring | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang differensiasi individu sebagai dasar dalam manajemen kelas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI302-Manajemen Kelas (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-A, Dosen : DRA. ELIWATIS, M.AG., Ruang: GH.2.2, Hari: Senin, 14.55 s.d 17.05, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar