Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih jauh dari yang diharapkan. Siswa tidak aktif dalam belajar, rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, hasil belajar siswa rendah. Dalam proses pembelajaran bersifat teacher centered,guru masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 2 Rambatan Kab Tanah Datar.
Metode penelitian yaitu eksperimen semu, dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Rambatan yang terdiri 41 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Porposive Sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 41 orang, 20 orang kelas eksperimen dan 21 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay.
Berdasarkan hasil penelitian, yang peneliti lakukan, pada aktifitas belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson di SMAN 2 Rambatan, dapat disimpulkan bahwa pada aspek oral activities dengan nilai 71.9% pada aspek listening activities dengan nilai 91.1% selanjutnya pada aspek writing activities dengan nilai 94.4%. Dan emotional activities dengan nilai 91.1%. dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada kelas eksperimen adalah 84.5 sedangkan, rata-rata kelas control adalah 77.8 dengan persentase ketuntasan pada kelas eksperimen adalah 85% dan kelas kontrol yaitu 76%. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,53 dan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Jadi, dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa dengan Penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson terdapat perbedaan dari pada pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Rambatan Kab Tanah Datar.