Publikasi IAIN Batusangkar

IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS) 3 19-BK-B MAMI NOFRIANTI, S.HUM., MA Lokal KI.5, Senin, 16.15 s.d 17.55 2020/2021

IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS) 3 19-BK-B MAMI NOFRIANTI, S.HUM., MA Lokal KI.5, Senin, 16.15 s.d 17.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan BIMBINGAN KONSELING
Kode Matakuliah IBS102
Nama Matakuliah Sejarah Peradaban Islam
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan MAMI NOFRIANTI, S.HUM., MA
Peserta Perkuliahan 1730105021 - IKBAL KURNIA,
1930108036 - LUTHFIAH FEBRIOLLAH,
1930108037 - MARDATILLAH,
1930108039 - MESSY ALFINI,
1930108040 - MIFTAH KHAIRURIZQI,
1930108041 - MIFTAHUL JANNAH AULIAH,
1930108042 - MIFTAHUL REZKI ANANDA,
1930108043 - MUFLIHATUL ZAKIIAH,
1930108044 - MUFTI RAMADANI,
1930108045 - MUHAMAD RAFKY. A,
1930108046 - MUHAMMAD IKBAL,
1930108047 - MUHAMMAD RAHMATUL HANAFI,
1930108048 - MUHAMMAD RAJIF,
1930108049 - MUTIARA SHOD AWALIYAH,
1930108050 - MUZILATUL ISMA,
1930108051 - NADIA,
1930108052 - NADIA ZAHIRA,
1930108053 - NINDI ADRIYUNA,
1930108054 - NUR AISYAH,
1930108055 - PETMAWATI,
1930108057 - RAHADATUL AISY,
1930108058 - RAHMA DANIATI,
1930108059 - RAHMI INDAH,
1930108060 - RAHMI LATIFA,
1930108061 - RAHMI PUTRI,
1930108062 - RAHMI SUCI,
1930108063 - RAHMI SUCI,
1930108064 - RANI SORAYA,
1930108065 - RIDHO FIKRI,
1930108066 - RIDWAN SYAH PUTRA,
1930108067 - RIKLA FABIO

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini adalah mata kuliah institusi melalui pembelajaran berbasis research dengan gabungan pembelajaran daring, mahasiswa menjelaskan dan mengidentifikasi gambaran umum Sejarah Peradaban Islam dari gambaran umum Sejarah Peradaban Islam sampai peristiwa Perang Salib dan Invansi Mongol serta Islam di Kawasan Asia Tenggara dengan metode inquiri berupa pembuatan makalah, information search, penugasan individu, tanya jawab dan konfirmasi Dosen. Mahasiswa membuat makalah dengan menggunakan sumber-sumber yang relevan (mengkaji buku teks, jurnal, tesis, dan lain-lain) sesuai materi yang dibahas. Kemudian akan dikirimkan ke media atau grouf kelas, para audien membaca dan memberikan kritik saran, serta pertanyaan terhadap pemakalah. Para audiens yang lainnya diberikan tugas resume materi dan laporan diskusi sebagai bukti mahasiswa ikut serta dalam perkuliahan tersebut. Selanjutnya konfirmasi dosen terhadap tema yang dibahas oleh pemakalah Penilaian dilakukan melalui discovery learning dengan menemukan materi pada buku-buku teks yang sesuai dengan tema yang dibahas. Kemudian tes tulisan yaitu essay terstruktur dan pilihan ganda dan penilaian secara non tes berupa wawancara dan penugasan.

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat:
a. Menjelaskan dan mengidentifikasikan tentang fakta sejarah, karakteristik, ruang lingkup serta landasan dasar Sejarah Kebudayaan Islam dan Peradaban Islam.
b. Mengidentifikasi perkembangan kebudayaan dan peradaban Islam pada masing-masing periode pemerintahan Islam dari berbagai unsur kebudayaan dan peradaban Islam.
c. Menjelaskan dan Mengidentifikasikan tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan kebudayaan Islam dan peradaban Islam.
d. Menjelaskan dan Mengidentifikasikan karakter dari tokoh-tokoh yang berjasa pada masing-masing periode pemerintahan Islam.
e. Meneladani dan mengambil ibrah dari karakter tokoh-tokoh yang berjasa pada masing-masing periode pemerintahan islam.
f. Meneladani dan mengambil ibrah dari tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam pada masing-masing periode pemerintahan Islam.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 1. Etika
2. proses 30 % (tugas individu, tugas kelompok, aktivitas)
3. UTS 30%
4. UAS 40 %
Pembahasan tentang CPL,CPM, bahan kajian berikut sumber belajar,kegiatan pembelajaran, dan asesmen serta etika akademik dan nonakademik terkait perkuliahan ... Penjelasan dan diskusi Mengetahui dan memahami rancangan proses perkuliahan selama satu semester 2 x 50 menit Menelaah RPS dan Kode Etik Rencana pembelajaran semester, Etika, dan Kontrak Perkuliahan
2 1. Etika
2. proses 30 % (tugas individu, tugas kelompok, aktivitas)
3. UTS 30%
4. UAS 40 %
Pembahasan tentang Menjelaskan gambaran umum sejarah
peradaban islam pada periode klasik
•Inquiri
•Information search.
•Pembuatan makalah
•Tugas Individu (resume materi)
•Laporan perkuliahan
•Konfirmasi Dosen
•Mencari sumber-sumber yang relevan sesuai dengan tema yang dibahas.
• Mengkaji buku teks sesuai dengan materi yang dibahas
•Tugas kelompok: penyusunan makalah
• Tugas individu: pembuatan resume
•Tanya jawab.
2 x 50 menit Membaca Alqur’an secara individu

Laporan Perkuliahan secara mandiri

Penugasan baik kelompok maupun individu

Menemukan fakta sejarah dari buku teks yang dibaca

Discoveri Learning

Tes: Essay
Gambaran Umum Sejarah Peradaban Islam (Defenisi, ruang lingkup dan urgensi)
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS), Semester: 3 19-BK-B, Dosen : MAMI NOFRIANTI, S.HUM., MA, Ruang: Lokal KI.5, Hari: Senin, 16.15 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: BIMBINGAN KONSELING

Pengunggahan Barusan