Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI401 |
Nama Matakuliah | Bahasa Arab Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MELISA REZI, S.PDI., MA |
Peserta Perkuliahan | 1730101093 - NOVITA ANGGRAINI, 1830101027 - SISKA OKTAVIANI, 1830101119 - A. IRVANDI SAPUTRA, 1830101120 - AHMAD DIAN LUFIANTO, 1830101121 - BUNGA ZULFA IDRIS, 1830101122 - CHELSIE APRILIA, 1830101123 - DODI AHMAT MAULANA, 1830101125 - EGI KURNIAWAN, 1830101126 - ELSI FADILA RAHMI, 1830101128 - FAUZIA WULANDARI, 1830101129 - FUJI HOLIQA SAFNI, 1830101131 - HUSNI NUR SUCI LILLAHI, 1830101132 - INDRI RONA PUTRI, 1830101133 - KIKI ALIDA YAHYA, 1830101134 - LINA APRI YANA, 1830101135 - MERIANA, 1830101136 - NADIA RAHMA DINI, 1830101137 - NEFRI YANTI, 1830101138 - NIDIA PUTRI ANGGUN, 1830101139 - NISA ADRIANA, 1830101140 - PATMAWATI, 1830101141 - PUTRI ZULIA TISA, 1830101142 - RAJU HIDAYAT, 1830101143 - RANI RAPISTA, 1830101144 - RAZILA EVA YULIANTI, 1830101145 - RESTU OKTAVIANI, 1830101146 - RILLA SESWANTI, 1830101147 - SALSABILA YASNI, 1830101148 - SHELLA PRADINA PUTRI, 1830101149 - SONIA PARAMITA, 1830101150 - SRI WAHYUNI, 1830101151 - SRIHIDA YATI, 1830101152 - TUNIA, 1830101153 - VIRA DAVARIA PUTRI, 1830101155 - WAHYUNI MESRIZAL, 1830101156 - WINDI INTAN SARI, 1830101157 - YOZARA HENDRI |
Mahasiswa mampu menguasai keterampilan-keterampilan dasar mengajar PAI dengan menggunakan bahasa Arab dan mempraktekkannya dalam mata-mata pelajaran PAI di madrsah ataupun ponpres
Mampu menguasai bentuk-bentuk keterampilan mengajar PAI dengan menggunakan Bahasa Arab
- Mampu menganalisa realita penggunaan Bahasa Arab dalam pembelajaran PAI
- Mampu menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan bahasa Arab
Mampu mendesain dan mengembangkan RPP mata pelajaran PAI dengan menggunakan Bahasa Arab
- Mampu mempraktekkan mengajar mata pelajaran PAI dengan menggunakan bahssa Arab
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar - | Pembahasan tentang .Pengantar dan Kontrak Perkuliahan | Discovery Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | - Mahasiswa berkemampuan menata diri untuk menyusun agenda perkuliahan dan melaksanakan tugas terstruktur dan mandiri selama masa perkuliahan | Membagi Kelompok dan Tugas (untuk membuat makalah dan video) | RPS |
2 | a. Menjelaskan konsep keterampilan membuka pelajaran b. Menjelaskan bentuk-bentuk keterampilan membuka pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi membuka pelajaran dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang Keterampilan Membuka Pelajaran PAI dengan Bahasa Arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan keterampilan memberikan penguatan dan bertanya dalam pelajaran PAI dengan bahasa Arab sederhana sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
Ket. Membuka Pelajaran PAI dengan bahasa Arab |
3 | a. Menjelaskan konsep Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi b. Menjelaskan bentuk-bentuk Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi pelajaran PAI dengan bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi menjelaskan dan memberikan variasi dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentangKeterampilan menjelaskan dan memberikan variasi mapel PAI dengan bahasa Arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan keterampilan memberikan penguatan dan bertanya dalam pelajaran PAI dengan bahasa Arab sederhana sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
Ket memeberikan penjelasan dan variasi mapel PAI dengan bahasa arab |
4 | a. Menjelaskan konsep keterampilan memberikan penguatan dan bertanya b. Menjelaskan bentuk-bentuk keterampilan memberikan penguatan dan bertanya dalam pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi memberikan penguatan dan bertanya dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang Keterampilan bertanya dan memberikan penguatan mapel PAI dengan menggunakan bahasa Arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan keterampilan memberikan penguatan dan bertanya dalam pelajaran PAI dengan bahasa Arab sederhana sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan |
Ket. bertanya dan memberikan penguatan mapel PAI dengan bahasa Arab |
5 | a. Menjelaskan konsep keterampilan menutup pelajaran b. Menjelaskan bentuk-bentuk keterampilan menutup pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi menutup pelajaran dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang Keterampilan Menutup Pelajaran | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan keterampilan menutup pelajaran PAI dengan bahasa Arab sederhana sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
Kete. Menutup Pelajaran dengan menggunakan bahasa Arab |
6 | a. Mengobservasi RPP PAI di Madrasah b. Menganalisa dan mengkritisi c. Merancang penggunaan Bahasa Arab pada RPP PAI d. Merancang blangko penilaian/ validasi simulasi/ praktek |
Pembahasan tentang RPP mata pelajaran PAI dengan Bahasa Arab | - Contextual Instruction - Collaborative Learning |
- Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dengan mendapatkan contoh RPP PAI di Madrasah - Mahasiswa menganalisa hasil observasi yang dihubungkan dengan teori yang ada - Mahasiswa bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas dan membuat rancangan RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk pembelajaran PAI dengan Bahasa Arab |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan |
RPP mata pelajaran PAI dengan Bahasa Arab |
7 | a. Merancang RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah b. Melakukan praktek mengajar mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana |
Pembahasan tentang Praktek mengajar mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah | - Collaborative Learning - Simulasi |
- Mahasiswa bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas dan membuat rancangan RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah - Mahasiswa melakukan praktek mengajar mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah - Mahasiswa mendiskusikan dan menvalidasi penggunaan bahasa Arab tersebut |
2 x 50 menit | a. Ketepatan dan kemampuan komunikasi Bahasa Arab dalam praktek mengajar, b. Kerapian sajian materi (RPP, Materi, Media, Blangko Validasi) c. Kretivitas ide pengembangan materi, media dan strategi menarik pada saat praktek |
RPP dan Video Simulasi |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI401-Bahasa Arab Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (2 SKS), Semester: 5 18-PAI-D, Dosen : MELISA REZI, S.PDI., MA, Ruang: Lokal KI.5, Hari: Selasa, 07.15 s.d 08.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar